oleh

Setahun 5.036 Gugatan dan Permohonan Cerai

**Yang Terselesaikan Mencapai 93 Persen

SUMEDANGEKSPRES.COM, KOTA – Pada Desember 2020, angka perceraian di Kabupaten Sumedang mencapai 4726. Jumlah tersebut merupakan dari 5036 perkara gugatan dan permohonan cerai. Sedangkan 310 lainnya masih belum terselesaikan.

Dengan jumlah perceraian mencapai 4726 dari 5036 gugatan, artinya, Kantor Pengadilan Agama Sumedang sudah mencapai 93% dalam penyelesaian perkara.

Humas Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang Drs Nuryadi Siswanto, MH mengatakan, dari total keseluruhan yang mencapai 5036 merupakan sisa dari tunggakan perkara di tahun 2019 lalu.

“Itu dibagi beberapa jenis perkara. Dan itu ada sisa tunggakan perkara tahun 2019 kemudian penerimaan tahun 2020 yang kumulasi total 5036,” ujarnya kepada Sumeks, Rabu (6/1).

Adapun jenis-jenis perkara yang ditangani oleh Pengadilan Agama Sumedang, lanjut Nuryadi, diantaranya ada perkara gugatan permohonan, perkara yang kontensius atau gugatan dan perkara yang sifatnya volunteer.

“Allhamdulilah, kami bisa menyelesaikan secara baik. Karena persentase penyelesaian perkara yang kita lihat dari sisa perkara itu sekarang tercatat baik,” terangnya.

Sementara itu, Nuryadi juga menjelaskan jika jenis prasyarat yang diajukan kepada Pengadilan Agama terdapat beberapa kategori dan sifatnya yang menurut hukum harus diselesaikan dengan tata cara 4 bulan setelah pendaftaran baru disidangkan.

Akan tetapi, tambahnya, dengan melihat kondisi penyelesaian perkara hingga 93%, merupakan pencapaian yang luar biasa. Terlebih di saat masa pandemi Covid-19.

“Iya, kami masih bisa menyiasati meski dalam kondisi Covid-19 yang tidak seperti biasanya,” tuturnya. (ahm) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *