oleh

Menteri: Dinas Harus Evaluasi Izin Perumahan

SUMEDANGEKSPRES.COM, CIMANGGUNG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono MSc PhD meninjau langsung lokasi longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kamis (14/1).

“Setelah melakukan vaksin, Presiden RI Ir Joko Widodo langsung menelepon dan memerintahkan saya untuk meninjau langsung ke lokasi banjir di sekitar Rancaekek dan longsor di Cimanggung,” ujar Menteri kepada Sumeks dilokasi longsor.

Selain itu, kedatanganya tersebut sekaligus menangani pergerakan tanah dan membantu merelokasi penduduk.

“Upaya yang akan kami lakukan, pertama melakukan dan melihat evakuasi karena masih ada 19 warga yang belum diketemukan. Kemudian, ada 21 orang meninggal. Ini merupakan perhatian presiden dan langsung mengintruksikan saya,” ucapnya.

Menteri menilai, Basarnas memiliki kompetensi yang bagus dalam melakukan evakuasi. Oleh sebab itu, untuk menunjang petugas dilapangan Kementrian PUPR akan mengirimkan peralatan berupa alat berat.

“Nanti peralatan akan kita kirim. Sebenarnya peralatan masih bisa ditambah tapi arenya tidak cukup,” tandasnya.

Selanjutnya, bersama Pemda Sumedang kedepannya akan merelokasi rumah korban terdampak longsor ini. Karena, secara prinsip pemerintah melalui PUPR akan membantu relokasi dengan lahan yang akan disiapkan pemda.

“Perijinan juga harus mengevaluasinya, mana saja yang sudah dan belum menempuh izin. Ini adalah daerah rawan sehingga harus keras tapi bijak, kita semua butuh rumah, tapi harus dilihat apakah aman atau tidaknya. Jangan sembrono, lihat disini cukup ngeri kontur tanahnya kan urugan,” tuturnya. (joy) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *