oleh

Antisipasi Bencana, Camat Wajib Tinggal di Wilayahnya

KOTA – Wakil Bupati H Erwan Setiawan menegaskan kepada camat di seluruh Kabupaten Sumedang wajib tinggal di lokasi penugasan. Sebab, situasi dan kondisi wilayah Kabupaten Sumedang saat ini rawan bencana, baik itu longsor maupun banjir.

Hal itu dikatakan Wabup saat memimpin pelaksanaan Rapat Koordinasi pemerintahan dan kebencanaan yang dihadiri para kepala SKPD dan camat di pendopo IPP, belum lama ini.

“Saat ini berdasarkan laporan BMKG curah hujan di bulan Januari sangat tinggi sehingga hal ini harus diantisipasi kemungkinan terjadinya bencana,” jelas Erwan.

Dalam kesempatan tersebut, Erwan pun memerintahkan camat untuk melakukan mitigasi bencana di wilayahnya masing masing. Terutama, untuk titik titik yang berdekatan dengan pemukiman penduduk.

Diakui, wilayah Sumedang banyak perbukitan dan tebing tebing yang berpotensi terjadinya bencana sangat tinggi. Selain itu, lanjut Wabup, para camat juga diwajibkan untuk melakukan pendataan tanah kas desa yang kemungkinan bisa dijadikan relokasi ketika di wilayahnya ada bencana dan warga harus direlokasi.

Wabup berharap apa yang menimpa daerah Cimanggung tidak terjadi lagi di wilayah lain Kabupaten Sumedang. Untuk itulah dirinya meminta para camat dan juga kepala desa untuk melakukan deteksi dini.

“Tolong laporkan bila ditemukan hal hal yang sifatnya urgen terkait bencana. Karena memang semua kecamatan di Sumedang berpotensi terjadinya bencana,” tandasnya. (atp) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *