oleh

Dinkes Pantau Kualitas Makanan Korban Bencana


KOTA – Upaya menjaga kualitas dan kesehatan makanan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang memeriksa setiap menu makanan yang akan disajikan untuk korban bencana tanah longsor Cimanggung, di Dapur Umum.

Kegiatan itu dilakukan bersama Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (Hakli) Kabupaten Sumedang.

“Pengambilan sampel makanan di dapur umum dilakukan guna memastikan makanan tersebut terjamin dan aman untuk dikonsumsi,” kata Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang,  yang juga Ketua Hakli Sumedang Ekky Riswandiyah kepada wartawan, Senin (18/1).

Disebutkan, jika dalam jangka waktu 24 jam tidak terjadi gejala keracunan makanan, maka bank sampel akan dibuang. Tetapi sebaliknya, jika terjadi gejala keracunan, maka  pihaknya sudah memiliki bank sample makanan tersebut. Sehingga, mempermudah dalam melakukan penanganan.

“Sudah menjadi tugas kami di Hakli, untuk melakukan pengawasan hygiene sanitasi pangan di dapur umum. Jadi, setiap kali masak kami ambil sampelnya untuk jadi bank sample,” ujarnya.

Selain memonitor kualitas makqnan, pihaknya juga melakukan pengendalian faktor resiko lingkungan di wilayah bencana. Antara lain, melakukan  penyehatan lingkungan udara (desinfeksi), air (pengawasan kuantitas dan kualitas air) dan tanah dengan pengamanan sampah.

“Bahkan kami juga melakukan edukasi terhadap relawan karang taruna untuk desinfeksi,” tuturnya.  (nur) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.