oleh

Mekarjaya Jalankan SAKIP Sejak 2017


KOTA – Sekertaris Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara Cece Rukmana menyatakan Desa Mekarjaya telah menjalankan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) dalam kurun waktu tiga tahun. Mulai dari tahun 2017 sampai sekarang tahun 2021.

“Kenapa saya menyampaikan begitu, kronologisnya Pemerintah Desa Mekarjaya dari awal 2017 telah menjalankan SAKIP Desa, terutama menyangkut kegiatan penurunan gizi buruk atau stunting,” ujar Cece kepada Sumeks, Senin (18/1).

Dijelaskan, hal ini berkaitan erat dengan program Bupati SAKIP Desa. Setiap pemerintah desa di Kabupaten Sumedang dituntut untuk menurunkan 8% angka kemiskinan dan stunting per tahunnya.

Cece mengharapkan adanya dukungan sarana prasarana dari pemerintah Kabupaten Sumedang untuk menunjang kinerja program SAKIP Desa. Hal itu untuk mendukung pelayanan pemeritah desa yang memang memerlukan subsidi daripada APBdes.

“Mudah-mudahan pada tahun 2021 ini kita, pemerintahan Desa Mekarjaya bisa menganggarkan untuk program SAKIP ini. Karena ini merupakan program kerja pemerintahan Desa Mekarjaya dengan pemerintahan Kabupaten Sumedang hingga harus bisa direalisasikan,” tegasnya.

Untuk program Desa Wisata, Cece menerangkan Pemerintah Desa Mekarjaya akan mengembangkan Situs Bataray supaya menjadi salah satu Situs yang menjadi Obyek Wisata di Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, Desa Mekarjaya akan menganggarkan untuk pembenahan dan peningkatan akses jalan ke arah Situs Bataray.

Cece pun berharap kedepannya  bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah Desa Mekarjaya.

“Selanjutnya, menjadikan Desa Mekarjaya sebuah desa yang Mandiri,” harapnya. (ahm) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.