oleh

bank bjb Berikan Bantuan kepada Korban Bencana di Jabar

BANDUNG – bank bjb menyalurkan bantuan kepada korban tiga bencana alam yang terjadi di wilayah Jawa barat, yakni longsor Cimanggung, Sumedang yang terjadi pada Sabtu (9/1/2021); angin puting beliung di wilayah Desa Slangit, Sumber, Cirebon pada Sabtu (02/01/2021); dan banjir bandang di kawasan Puncak, Bogor, pada Selasa (19/1/2021).

Bantuan diserahkan secara terpisah dengan nilai nominal yang berbeda-beda, yakni Rp350 untuk korban puting beliung Sumber, Rp250 juta untuk korban longsor Cimanggung, dan Rp150 juta bagi korban banjir bandang di kawasan Puncak.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bantuan ini merupakan bentuk dukungan dan simpati bank bjb kepada musibah bencana alam yang terjadi di Jawa barat. bank bjb berharap bantuan ini akan meringankan beban yang dipikul warga terdampak sebab mereka sangat membutuhkan uluran tangan.

“bank bjb menyampaikan simpati sedalam-dalamnya dan turut mengirimkan doa terbaik kepada para korban yang gugur dalam rangkaian musibah bencana ini. Kepada warga terdampak, kami juga berusaha turut serta meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan. bank bjb berharap dukungan bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat dalam mendukung upaya penanganan dan pemulihan situasi pascabencana,” kata Widi.

Rentetan bencana yang terjadi ini menimbulkan kerugian dan korban yang berjatuhan. Paling banyak, korban jatuh dalam peristiwa longsor Cimanggung dengan korban meninggal berjumlah 40 orang, luka berat 3 orang, luka ringan 22 orang. Dalam bencana di Puncak dan Sumber, tak ada korban meninggal, namun sebanyak 474 orang mengungsi akibat banjir Puncak dan 278 rumah warga rusak akibat angin puting beliung di Sumber.

Bencana alam ini tidak hanya terjadi di Jawa Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 185 bencana terjadi sepanjang 1 hingga 21 Januari 2021 di seluruh Indonesia. Dari ratusan bencana yang terjadi, bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung mendominasi kejadian bencana, dengan rincian 127 kejadian banjir, 30 kali tanah longsor 30, dan 21 kali puting beliung. BNPB juga mencatat lima kali peristiwa gelombang pasang dan dua kali gempa bumi.

Terkait masifnya peristiwa bencana ini, bank bjb menyerukan agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati. bank bjb juga mengajak semua pihak untuk bahu-membahu dan bergotong-royong dalam memberikan dukungan kepada sesama warga yang tengah tertimpa musibah. Dukungan sekecil apapun, akan sangat bermanfaat karena para korban benar-benar dalam kondisi yang sangat membutuhkan. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *