oleh

Madara – Apdesi Inisiasi Pelatihan Membatik

DARMARAJA – Masyarakat Adat Darmaraja (Madara) menjadi inisiator pelatihan membatik tulis.

Pelatihan membatik diikuti lima puluh peserta yang berasal dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Darmaraja. Tujuan dari kegiatan pelatihan membatik yaitu meningkatkan pengetahuan dan mengasah kreatifitas masyarakat.

Seperti disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Membatik, Trisna Hendrayatna SPd kepada Sumeks, Rabu (27/1).

Menurutnya, kegiatan pelatihan membatik dilaksanakan berkat kerjsama dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Darmaraja.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya menerapkan protokol kesehata. Selain melaksanakan 3M, semua peserta juga dilakukan rapid test.

“Kegiatan ini diinisiasi Madara dan Apdesi. Kita kerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI),” katanya.

Pihaknya berharap, setelah masyarakat bisa membuat batik, maka ada keberlanjutan untuk kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk pengembangan usahanya.

“Saya harapkan setelah selesainya pelatihan ini, desa-desa bisa memberdayakannya melalui Bumdes,” katanya.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Diskoperindag Sumedang, Sutisna sangat mengapresiasi upaya pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Perindustrian yang telah membuat program membatik untuk masyarakat Darmaraja.

Menurutnya, kedepannya tidak hanya pelatihan membatik saja yang akan dilaksakan, mungkin akan ada pelatihan yang mendukung untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

“Ini merupakan suatu berkah. Mungkin kesempatan ini tidak akan datang dua kali,” tandasnya.

Sementara itu, untuk permodalan masyarakat bisa menggunakan jasa keuangan perbankan dengan program pinjaman lunak. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *