oleh

Pembangunan Harus Pertimbangkan Ekologi dan Lingkungan

KOTA – Bencana longsor Pondok Daud dan Perumahan SBG di Dusun Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung mendapat tanggapan dari pengamat sosial Sumedang Ermi Triaji.

Mantan Sekretaris Komisi I DPRD Sumedang tersebut mengatakan pembangunan di Sumedang harus melihat ekologi dan lingkungan. Jangan hanya melihat dari investasi dan Pendapat Asli Daerah (PAD) lalu mengabaikan perspektif lingkungan.

“Kalo kita melihat dari sudut pandang investasi dan Pendapat Asli Daerah (PAD) mungkin menguntungkan. Tetapi dari aspek lingkungan jika merugikan masyarakat saya pikir harus dipertimbangkan,” ujar Ermi.

Menurutnya, pemerintah daerah harus mempertimbangkan kaidah untuk menghindari kerusakan. Itu lebih utama dari pada mendatangkan keuntungan.

“Memang ada keuntungan, tetapi kalau menimbulkan kerusakan di sisi lain lebih baik menghindari kerusakan dari pada mencari keuntungan,” tandasnya.

Selanjutnya, dia mengatakan dalam konteks ini integritas dipertaruhkan antara pengembangan dan aspek birokrasi. Karena, yang menanggung yaitu masyarakat itu sendiri.

“Resikonya besar kalau kita memberikan toleransi jika suatu daerah bukan peruntukannya. Secara normatif, kompositif sudah menyalahi aturan regulasi,” tegasnya.

Ermi menyarankan, Pemerintah Kabupaten Sumedang harus mencari SDM dalam bidang geologi untuk pembangunan pembangunan selanjutnya di wilayah Kabupaten Sumedang. (cr5)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *