oleh

Sampah Medis Menumpuk Belakang Terminal Ciakar

KOTA – Limbah medis yang didominasi masker dan Face Shield dibuang orang tak dikenal di tanah kosong dekat Terminal Ciakar Sumedang.

Limbah berbahaya yang tidak diketahui asalnya itu ditaruh dalam dua karung berbeda.

Seorang warga setempat Cevi mengaku tidak tahu kalau ada yang membuang sampah medis di belakang Terminal Ciakar.

“Tidak tahu siapa yang membuang, tiba tiba sudah ada di situ. Saya juga tidak tau kapan dibuangnya sampah itu,” kata Cevi saat berbincang dengan Sumeks, Rabu (27/1).

Cevi menyayangkan limbah medis tersebut dibuang di ruang terbuka dan bukan pada tempatnya. Seharusnya, sampah dibuang di tempat yang disediakan.

“Sangat menyayangkan sampah dibuang di tempat terbuka. Sangat berbahaya untuk limbah medis. Harusnya dibuang di tempat sampah,” sesalnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang Tatang Muhidin menjelaskan kalau limbah medis bukan tanggung jawab DLHK, melainkan telah menjadi tangungjawab tiap tiap fasilitas kesehatan.

Dia menegaskan apabila menemukan limbah medis segera laporkan. Pihaknya akan membersihkanya, terutama yang berada di tempat tempat umum.

“Jika menemukan sampah medis segera melaporlan, biar kita bisa segera bergerak untuk memusnahkannya,” ujar Tatang. (kga)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *