oleh

Besisir Jatigede Dipenuhi Sampah

WADO – Pemandangan tak sedap mewarnai Bendungan Jatigede. Tumpukan sampah di besisir waduk Jatigede, tepatnya di sekitar Jembatan Cinta Wado menjadi sebuah pemandangan buruk. Pasalnya, jembatan tersebut menjadi penghubung Kecamatan Wado dengan Kecamatan Jatinunggal.

Sampah yang tergenang diduga berasal dari sampah yang sebelumnya sudah ada serta sampah yang terbawa arus air dari hulu sungai. Seperti disampaikan seorang warga setempat Lisnawati kepada Sumeks, Kamis (28/1).

“Semenjak hujan, air di jembatan Cinta Wado dipenuhi oleh sampah, pinggir-pinggir jalan pun penuh oleh sampah. Sebelum musim hujan memang sudah ada sampah di bawah jembatan, tapi tidak terlalu banyak seperti sekarang,” ujar Lisnawati.

Dia menyampaikan sampah tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi pedagang maupun masyarakat sekitar.

“Biasanya jembatan itu banyak dipakai pedagang. Tetapi karena banyak sampah, lahan untuk berdagang pun berkurang disebabkan kondisi jalan yang becek,” jelasnya.

Jika dibiarkan seperti ini, kata dia, dampaknya menimbulkan bau tidak sedap yang tentunya akan mengundang penyakit bagi warga sekitar.

Meskipun Pemerintah Kecamatan Wado beserta warga sudah berupaya, Lisnawati berharap pemerintah bisa menindaklanjuti. Kemudian, memberikan solusi bagaimana caranya agar tidak ada penumpukan sampah seperti sekarang.

“Hari minggu kemarin ada yang membersihkan sampah naik perahu meskipun belum maksimal karena sampah yang begitu banyak. Semoga secepatnya ada tindak lanjut dari Pemerintahan Kabupaten Sumedang,” tuturnya. (cr3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *