oleh

Integrasi Tol Cisumdawu Ditarget Lebaran 2021

JATINANGOR – Kepala Satker (Satuan Kerja) Tol Cisumdawu, Yusrizal Kurniawan berharap integrasi tol Cisumdawu di exit keluar tol Padaleunyi selesai menjelang lebaran 2021. Pasalnya, saat ini tengah dilakukan uji coba simulasi di tol gate exiting di Cileunyi yang akan terintegrasi dengan Tol Cisumdawu.

“Untuk target integrasi, harapannya selesai menjelang lebaran 2021. Jadi Tol Cisundawu nanti akan difungsikan untuk pengalihannya. Sehingga dari arah Jakarta bisa langsung masuk ke tol Cisumdawu, begitu pun kendaraan yang akan ke Garut atau Tasik bisa langsung melewati underpass,” ujar Yusrizal, Jumat (12/3).

Untuk kendala yang dihadapi, Rizal menjelaskan, diprediksi terjadi antrean di Tol Gate karena Tol Gate Exiting ini akan dibongkar dua buah.

“Namun ini pun akan segera kami bangun Tol Gate sementaranya, sehingga nanti untuk selanjutnya, integrasi tidak terjadi kemacetan,” pungkasnya.

Diketahui, Kementerian PUPR tengah melakukan simulasi pengerjaan proyek Tol Cisundawu di Gerbang Tol Cileunyi sejak kemarin (11/2/21).

Untuk integrasi awal tersebut, diperlukan Tol Gate sementara. Pihak Satker bekerja sama dengan Dinas Bina Marga Jabar, Dirlantas Polda Jabar untuk melakukan simulasi, apabila terjadi pengurangan arus dari tiga jalur menjadi dua jalur di KM 155+000 sampai dengan KM 155+400 pada kedua jalurnya.

“Nantinya, Tol Gate sementara ini akan mengakomodir arus lalu lintas termasuk ke Tol Cisundawu. Nah untuk integrasi awal ini diperlulan pembongkaran dulu terhadap Tol Gate Exiting sebanyak dua Tol Gate,” kata Rizal saat diwawancarai pada Kamis (11/2/21).

Kemudian tambah Rizal, saat ini dibutuhkan simulasi untuk nantinya setelah proses integrasi ini apakah berjalan traffick ataukah berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

“Untuk melayani arus dari Tol Padaleunyi yang akan keluar menuju arah Sumedang, Bandung, maupun ke arah Garut, Tasik,” ujarnya.

Simulasi tersebut dijelaskan Rizal akan dimulai pada pukul 10.00 (WIB) pagi hingga pukul 20.00 (WIB) malam. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *