oleh

Bumdes Mulyajaya Harus Mampu Majukan Usaha Mikro

KOTA – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mulyajaya diharapkan mampu memajukan usaha mikro masyarakat di Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Jatimulya Entis Sutisna SSos melalui Sekretarisnya Wawan Kartiwan kepada Sumeks di kantornya, Senin (22/2).

“Bumdes Mulyajaya Desa jatimulya didirikan pada bulan Desember  tahun2018. Untuk penyertaan modal dasar dari Dana Desa bagi Bumdes Mulyajaya mulai direalisasikan pada tahun 2019 sebesar Rp 45.955.000. Modal tersebut dialokasikan dan direncanakan bagi usaha perdagangan berupa toko umum atau toko kelontongan,” kata Wawan.

Kemudian, kata dia, pada tahun 2020 ditambah kembali penyertaan modal bersumber dari anggaran Dana Desa yang direalisasikan sebesar Rp 37.305.000. Dimana, pengalokasianya untuk perdagangan dan fotocopy ditambah penggandaan atau percetakan.

Dikatakan, untuk rencana usaha pengembangan Bumdes Mulyajaya, kedepan merencanakan beberapa usaha. Diantaranya berupa usaha simpan pinjam, jasa sewa, juga penyertaan modal kepada usaha rumahan (home industri) bagi warga Desa Jatimulya.

Wawan menuturkan, Kepala Desa beserta pemerintah Desa Jatimulya berharap dengan berjalanya usaha Bumdes Mulyajaya bisa lebih maju dan berkembang. Terutama, untuk kepentingan masyarakat.

“Harapan dan imbauan kami Pemerintah Desa Jatimulya kepada pengurus Bumdes Mulyajaya itu bisa lebih maju dan berkembang untuk kepentingan masyarakat. Terutama, di bidang usaha mikro. Kepada pengurus Bumdes Mulyajaya untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanannya berikut managemen yang tertib administrasi dalam pengeluaran dan pemasukan barang. Diupayakan supaya jangan menyaingi warung-warung yang ada di sebelahnya, tapi sebaliknya harus bisa mengajak kerjasama  kepada semua pengusaha kecil di bidang mikro untuk bergabung agar supaya pengusaha pengusaha kecil di Desa Jatimulya bisa maju,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Desa Jatimulya Entis Sutisna SSos berharap adanya bantuan dari Pemerintahan Pusat, Provinsi dan Kabupaten untuk dukungan permodalan Bumdes Mulyajaya.

“Bantuan tersebut akan kami gunakan pengembangan usaha yang lebih optimal lagi,” jelasnya. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *