oleh

Setelah Ambruk, Gedung Geotheater Terbengkalai

KOTA – Rubuhnya atap Gedung Geotheater yang terjadi tiga bulan lalu, hingga saat ini belum ada perbaikan. Bahkan, penyelidikan atas kasus ini, sampai saat ini juga belum ada perkembangan.

Gedung yang yang diarsiteki Ridwan Kamil, saat ini menjabat gubernur Jabar, menuai banyak komentar. Tidak hanya warga lokal, tapi juga budayawan asal Lembang, Budi S Iwan. Dia mengomentari terkait gedung kebudayaan yang berlokasi di Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong.

“Gedung kebudayaan, di mana-mana menjadi masalah. Kenapa? Ada yang salahkah dari budaya kita?” ujar Budi melalui pesan singkatnya, kemarin.

Budi juga menyinggung gedung kebudayaan di kabupaten lain, seperti gedung kebudayaan di Kabupaten Subang. Bahkan, dia menyebutnya seperti kandang burung dara. Tak hanya itu, gedung kesenian Kabupaten Ciamis menurutnya tebih tepat

“Gedung kesenian atau gedung kebudayaan, harus menjadi tempat yang layak untuk pementasan seni dan budaya. Di Ciamis malah seperti tempat hajat. Di Subang seperti kandang merpati. Sumedang roboh. Harusnya, pembangunan gedung tersebut diperhatikan dari segi arsitektur, maupun teknisnya. Agar, sesuai kebutuhan para seniman dan tidak mubazir,” beber Budi.

Budi berharap, pihak Provinsi Jawa Barat bisa lebih teliti dan lebih mementingkan kebutuhan para seniman dan budayawan yang ada di Jawa Barat. Bukan sekadar pembangunan gedung saja,” pungkas dia. (kga)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *