oleh

Target Pencapaian Pangan 630.306 Ton

SUMEDANGEKSPRES.COM – Dalam rangka mencapai target kinerja di tahun 2021, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang mempunyai dua sasaran. Pertama, meningkatkan komoditas pertanian dan dan kedua terjaminnya ketersediaan pangan.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Sumedang Nunung Satia kepada Sumeks, belum lama ini.

Menurutnya, target pencapaian untuk meningkatkan tanaman pangan dalam berbagai komoditi sebesar 650.306 ton. Terbagi untuk tanaman padi target yang harus dicapai sebesar 337.288 ton.

“Sedangkan untuk jenis tanaman lainnya targetnya adakah 263.019 ton, bidang holtikutular targetnya 165.178 ton dan untuk bidang perkebunan 7.053 ton,” ujarnya.

Kata dia, terjaminnya ketersediaan pangan utama dalam pertahunnya di targetkan 202 kg perkapita dengan skor pola harapan (PPH) sebesar 89,60%.

“Untuk penguatan ketahanan pangan di tahun 2021 ini sebagai langkahnya melakukan inovasi melalui peningkatan penyiangan gulma tepat guna (PGTG), pemulihan benih vaneli di wilayah Surian, IP-400 di wilayah Cimalaka, PUTSF, pekarangan pangan lestari se-Kabupaten Sumedang dan adanya Rubuha,” jelasnya.

Sedangkan, kata dia, di tahun 2020 sebagai upaya meningkatkan pangan telah melakukan forporasi bagi para petani pada tanaman ubi jalar dengan membentuk koperasi yang tersebar di 4 kecamatan. Diantaranya, Tanjungsari, Pamulihan, Sukasari dan Rancakalong.

Dengan porporasi ini, para petani ubi jalar selain terbantu juga mendapatkan bantuan modal melalui dana KUR BRI. Untuk tahun 2020 target yang sudah dicapai mencapai Rp 900 juta. Dan di tahun 2021 diharapkan mencapai 1 Milyar,” ucapnya. (uya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *