oleh

Jelang Puasa, Diskoperindag Tambahkan Kuota Gas Elpiji 3 Kilogram

SUMEDANGEKSPRES.COM – Jelang menghadapi Bulan Suci Ramadan tahun 2021, distribusi dan pasokan tabung gas melon elpiji 3 Kilogram masih normal. Pelayanan distribusi kepada masyarakat melalui agen dan pangkalan masih mencukupi jumlah kuotanya.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Sumedang R Somali kepada Sumeks, Senin (8/3).

Dikatakan, adapun penambahan jumlah kuota gas elpiji 3 kilogram dilakukan pas di Hari Raya Idul Fitri. Namun, hal itu akan terlebih dahulu dilakukan rapat koordinasi dengan bagian ekonomi dan pihak Pertamina.

“Adapun kisaran penambahan tabung gas elpiji 3 kg dari jumlah kuota normal yaitu 30 ribu, hanya ada kenaikan penambahan 10 persen. Itupun akan disesuaikan dengan kebutuhan ketika akan menjelang bulan Ramadan,” ujar Somali.

Ditegaskan, terkait Harga Eceran Tertinggi (HET) masih tetap Rp 16.500. Adapun harga yang lebih tinggi dari HET yang sudah ditentukan dan terjadi di pangkalan pangkalan dikarenakan ada jarak pengiriman yang mencapai dua hingga tiga kilometer dari tempat penjualan.

“Penjualannya pun mencapai Rp 20 ribu lebih per tabungnya,” tandasnya.

Sementara adanya kelangkaan ketersediaan tabung gas elpiji 3 Kilogram, Somali menerangkan. Menurutnya, bila terjadi kelangkaan terkait pendistribusian gas elpiji 3 kilogram, pihaknya akan berkoordinasi dengan Iswana Migas dan Pertamina. Agar, pendistribusiannya lebih cepat.

Adapun terjadinya kelangkaan gas elpiji tiga kilogram dikarenakan adanya keterlambatan pengiriman dari pihak Pertamina dan SPBE. Ternasuk, jumlah kendaraan pengiriman yang terbatas dan memakan waktu dalam pengirimannya,” ucapnya.

Sementara, untuk penambahan kuota tabung elpiji 3 kilogram tahun ini belum ada. Meskipun nanti akan ada melalui koordinasi terlebih dulu.

“Untuk jumlah agen yang tersebar di Kabupaten Sumedang sebanyak 17 agen dengan jumlah pangkalan berkisar 600 pangkalan,” terangnya.

Diterangkan, jumlah kuota pendistribusian gas elpiji tiga kilogram di Kabupaten Sumedang pertahunnya sebanyak 8 ribu tabung gas elpiji kilogram. “Sedangkan, pendistribusian setiap bulan sebanyak 300 ribu hingga 400 ribu tabung gas elpiji,” tukasnya. (uya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *