oleh

Swadaya, Kebonjati Perbaiki Jalan Desa

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Pemerintah Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara berkolaborasi dengan tokoh dan masyarakat desa melaksanakan perbaikan jalan desa di RT 03 dan 04 RW 02 Dusun Sukakerta. Perbaikan jalan yang sudah rusak tersebut didanai dari sumbangan donatur dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Kebonjati Dedi Daryono kepada Sumeks disela sela kegiatannya memimpin pelaksanaan kerja bhakti perbaikan jalan, belum lama ini.

“Pemerintahan Desa Kebonjati bersama tokoh masyarakat, Kadus, Ketua RT, Ketua RW dan masyarakat sejak hari Sabtu (10/4) sampai Minggu (11/4) sedang melaksanakan kerja bakti dengan dana swadaya,” kata Dedi.

Adapun dana swadaya, lanjut dia, pertama diperoleh dari Pemerintah Desa Kebonjati dan kedua bantuan dari anggota Fraksi PDI P Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang Ferri Budianto dengan membantu sebanyak 75 sak semen satu truk pasir serta satu truk batu split.

“Ketiga dari warga sekitar serta dari para donatur yang memiliki kendaraan di total kurang lebih terkumpul semen sebanyak 150 sak,” tandasnya.

Dikatakan, awalnya jalan ini merupakan jalan kabupaten, namun pada tahun 2021 ini kewenanganya dicabut oleh kabupaten. Sehingga, harus dibiayai oleh Dana Desa (DD).

“Karena memang peraturanya harus dianggarkan dulu, jadi untuk jalan ini belum teranggarkan pada tahun 2021 ini,” kata Dedi.

Oleh karena itu, kata dia, dirinya sebagai Kepala Desa berinisiatif menggalang persatuan dan kesatuan warga Desa Kebonjati, khususnya di Dusun Sukakerta RW 02, RT 03 dan RT 04 RW untuk memperbaiki jalan.

“Alhamdulilah sudah dua hari ini bekerja bhakti dalam perbaikan jalan. Kurang lebih sebanyak 150 orang ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya antusias dalam kerja bhakti perbaikan jalan desa ini,” terangnya.

Dedi mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PDIP yang sudah banyak membantu untuk kepentingan masyarakat dari dana pribadinya. Karena, sebelumnya ada kegiatan acara Reses di Desa Kebonjati.

“Pada kesempatan itu saya menyampaikan keluhan warga kami tentang jalan desa tersebut serta meminta dukungan dan bantuannya. Alhamdulillah anggota DPRD PDIP tersebut menurunkan bantuan, oleh karena itu kami atas nama Pemerintah Desa Kebonjati mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur warga Desa Kebonjati, khususnya warga yang mempunyai kendaraan. Mereka memberikan bantuan semen yang terkumpul kurang lebih hampir 150 sak.

“Semuanya sudah diterapkan ke jalan desa di Dusun Sukakerta yang panjangnya mencapai 200 Meter, dengan lebar 4 meter. Dikerjakan dengan kerja bakti atau gotong royong disertai Masak ngaliwet swadaya dari masyarakat. Mudah -mudahan jalan ini selesai sesuai dengan yang diharapkan,” katanya. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *