oleh

Berburu Pahala di Bulan Ramadan, Jangan Sia – siakan Peluang ini

FOTO : ILUSTRASI/ NET
Amalan Yang Baik Selama Ramadan
Oleh:
Ust Nana Sihin S.Ag
Bapak ibu yang berbahagia, di bulan ramadhan ini, kita seharusnya mengisi hari-hari dengan hal-hal yang bermanfaat, supaya bulan ramadhan tidak kita tinggalkan dengan sia-sia. Ada beberapa amalan utama yang dapat kita gunakan untuk mengisi hari-hari di bulan ramadhan. Diantaranya ialah:
Membaca Al-Qur’an
Di bulan ramadhan, kita tentu akan lebih sering mendengar orang-orang tadarsu di masjid ataupun mushola. Hal ini karena memang membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan merupaan amalan dengan pahala yang berlipat gAnda.
Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, dimana ada seseorang membaca satu huruf al-Qur’an, maka baginya mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut akan dibalas dengan sepuluh kali lipat.
Itulah sebabnya mengapa membaca Al-Qur’an menjadi aamlana utama di bulan ramadhan. Karena semakin banyak kita membaca Al-Qurlan, maka semakin banyak pahala yang kita dapatkan.
Mendirikan sholat malam
Sholat malam di bulan ramdhan memang menjadi amalan utama yang dapat kita terapkan sehari-sehari. Sebagaimana hadits rasul yang menyebutkan bahwa barang siapa mendirikan sholat malam karena beriman dan mengaharap pahala dari Allah SWT, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang kecil di masa lalu.
Memperbanyak sedekah
Islam merupakan agama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa suka memberi. Jika memberi di jalan Allah, maka rezeki kita tidak akna berkurang, namun malah bertambah. Itulah mengapa di bulan ramdhan, sedekah merupakan salah satu amalan utama yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim.
Seperti yang dilakukan oleh Rasulullah, beliau sangat dermawan di bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, sesungguhnya sedekah dapat memadamkan kemurkaan Allah dan dapat menolah kejelekan.
Tak hanya itu, masih banyak keutamaan-keutamana lain yang bisa kita dapatkan dari sedekah. Allah SWT mengumpamakan orang yang bersedekah di jalan Allah, ibarat sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, dan pada setiap tangkainya terdapat seratus biji.
Mencari malam lailatul Qodr
Malam lailatul qadr terdapat pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir pada bulan ramadhan. Oelh sebab itu, banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk mendapatkan malam lailatul qadr tersebut.
Memberi buka pada orang yang berpuasa
Memuliakan orang yang berpuasa, salah satunya ialah dengan memberinya buka merupakan amalan utama yang dapat kita terapkan di bulan ramadhan. Seperti hadits Rasulullah SAW, barang siapa memberikan makna untuk berbuka puasa, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang puasa.
Mari kita lakukan amalan-amalan utama yang dianjurkan pada bulan ramadhan, untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Kita dapat meningkatkan amalan tersebut semaksimal mungkinuntuk mendapatkan berkah dari Allah SWT.  (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *