oleh

Pemerintah Siapkan Langkah Strategi Untuk Menjamin Ketahanan Pangan Nasional

SUMEDANGEKSPRES.COM – Upaya menjaga ketersediaan serta keterjangkauan pasokan pangan bagi masyarakat, pemerintah tengah menyiapkan sejumlah langkah strategi atau program untuk menjamin ketahanan pangan nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ada beberapa program untuk menjamin ketahanan pangan nasional. Pertama, stabilisasi harga dan pasokan pangan dalam rangka menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan.

“Program ke Kedua, pemerintah mengembangkan kawasan hortikultura berorientasi ekspor dengan model kemitraan atau creating share value antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan petani,” kata Airlangga dalam Indonesia Food Summit 2021 belum lama ini.

Kemudian pada program ketiga, kata Airlangga, pemerintah juga menerapkan kemitraan closed loop. Kemitraan closed loop atau ekosistem di komoditas hortikultura yang mengitegrasikan kerja sama antara akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas, dan media.

“Sesuai arahan Bapak Presiden di acara Food Security Summit per 18 November 2020, bahwa closed loop inisiatif perlu terus direplikasi di berbagai daerah,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga mengembangkan program peternakan terintegrasi dengan penyediaan lahan ataupun kawasan dengan dukungan sarana produksi, penataan rantai bisnis, dan industri pengolahan.

Di sisi lain, penumbuhan dan pengembangan korporasi petani dan nelayan dengan arah peningkatan nilai value antara produk hilir yang tentunya melibatkan petani dan nelayan sampai ke nilai hilirnya.

“Pemerintah juga menyiapkan penyaluran pupuk bersubsidi sebanyak sembilan juta ton di 2021,” terangnya.

Kemudian, lanjut Airlangga, pemerintah juga terus mengupayakan penguatan ketahanan pangan nasional antara lain melalui implementasi UU Cipta Kerja di sektor pertanian, kelautan dan perikanan.

“Hal itu juga terkait dengan penyederhanaan dan kepastian dalam memperoleh perizinan,” pungkasnya. (der/fin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *