oleh

Dengan Sila Semedi, Mengurus Dokumen Kependudukan Langsung Jadi

SUMEDANGEKSPRES..COM – Mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk) berlama – lama, sudah bukan zamannya lagi. Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang terus berinovasi dalam  memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satunya pelayanan yang disebut Sistem Layanan Sehari Mesti Jadi (Sila Semedi).

Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan dan Program Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang yaitu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sejak awal tahun 2021, pihaknya melaksanakan pelayanan jemput bola ke 26 kecamatan, selain di Mall Pelayanan Publik (MPP).

“Asalkan persyaratannya sudah lengkap, para pemohon sudah bisa langsung membawa pulang dokumen yang dibutuhkan,” kata Kepala Disdukcapi Kabupaten Sumedang, Ahmad Kusnadi kepada Sumeks, belum lama ini.

Disebutkan, ribuan masyarakat sudah merasakan kemudahan manfaat Sila Semedi, saat pihaknya membuka pelayanan di enam kantor kecamatan dan sembilan kantor desa.

Antara lain, Sumedang Utara, Sumedang Selatan, Cisarua, Cimalak, Paseh, Ganeas dan Situraja.

Sementara masyarakat desa yang pernah dilayani dengan Sila Semedi antara lain, Desa Wanajaya, Desa Pamekarsari, Desa Sukajadi, Desa Sukasari, Desa Mulyajaya, Desa Nanggerang, Desa Kertamukti, Desa Cibubuan dan Desa Gudang.

Selain KTP, Sila Semedi juga melayani pembuatan  akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian.

Eti Rohaeti, 45 warga Situraja mengaku sangat terbantu dengan Sila Semedi. Pasalnya, dia tak perlu membuang waktu lama – lama untuk mengurus kelengkapan dokumen kependudukannya itu.

“Dulu mah harus nunggu seharian, mending kalau langsung jadi. Terkadang harus disuruh balik lagi besoknya,” terang Eti.

Kalau sekarang, lanjut dia, langsung dilayani dan jadi saat itu pula,  selain jarak tempuh dari rumahnya relatif dekat ke tempat pelayanan. (nur/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *