Ratusan Rutilahu Dapat Perbaikan

Ratusan Rutilahu Dapat Perbaikan
Seorang pekerja saat memperbaiki rumah tidak layak huni milik warga Desa Sukamanah (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINUNGGAL – Ratusan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal tengah direhab.

Bantuan dari Kementrian PUPR yang membantu masyarakat kurang mampu untuk merehab rumahnya sangat bermanfaat bagi penerima manfaat.

Kepala Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal, Tosin menyebutkan, pihaknya selaku pemerintah desa cukup merasa terbantu dengan direhabnya ratusan rumah yang tidak layak huni (Rutilahu).

Baca Juga:Bupati Sumedang Hadiri Peresmian Kampus UID di BaliSMPN 3 Cimalaka Cetuskan Kewirausahaan

“Alhamdulilah ratusan warga kami yang tinggal di rumah tidak layak huni saat ini dalam proses perehaban rumahnya,” katanya kepada Sumeks, Kamis (17/11).

Dia menjelaskan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penyediaan hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Diantaranya lewat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang saat ini tengah berlangsung di Desa Sukamanah dan beberapa desa lainnya.

Tosin menyebutkan, untuk desanya ada 133 rumah tidak layak huni yang akan dilakukan perehaban. Berdasarkan hasil verifikasi tim dari PUPR semua warga yang mendapat bantuan tersebut dinyatakan siap melaksanakan renovasi rumah yang tidak layak huni.

“Dari ajuan 320 rumah tidak layak huni, hanya terealisasi 133. Kami selaku pemerintah desa akan terus berupaya untuk menetralisir rumah tidak layak huni di desa ini,” kata dia.

Dalam hal ini, pihaknya berharap proses pengerjaannya berlangsung lancar meski akan sedikit terhambat oleh kondisi karena faktor hujan.

“Saya berharap proses pengerjaannya lancar dan penerima manfaat bisa memiliki rumah yang di idamkannya,” katanya. (eri)

0 Komentar