Kumpulan Mitos Yang Masih di Percayai Oleh Masyarakat Jawa

Kumpulan Mitos Yang Masih di Percayai Oleh Masyarakat Jawa
Kumpulan Mitos Yang Masih di Percayai Oleh Masyarakat Jawa (Istimewa/Herman Damar adji)
0 Komentar

sumedangekspres – Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan ras, suku, dan budaya yang sangat beragam. Bahkan pada masing-masing daerah memiliki mitos-mitos yang berbeda, salah satunya adalah mitos yang masih dipercayai oleh masyarakat Jawa sampai sat ini, pada kali ini mimin sumeks akan membahas tentang kumpulan mitos yang masih beredar luas di masyarakat.

Berikut kumpulan mitos yang masih dipercayai oleh masyarakat Jawa :

1. Pamali ketika mengambil makanan sebelum orang tua

Sebenarnya mitos yang satu ini lebih mengajarkan sopan santun kepada seorang anak tentang adab kepada kedua orang tua nya. Salah satunya biarlah orang tua makan terlebih dahulu.

2. Bersiul dapat memanggil setan

Tanpa kita sadari pasti pernah bersiul di dalam ruangan dan ditegur oleh orang yang lebih dewasa. Mereka mengatakan kalau bersiul di dalam rumah atau dalam ruangan dapat memanggil setan. Faktanya mitos yang bsatu ini di ciptakan untuk mengurangi aktivitas bersiul di dalam ruangan yang mengganggu seisi rumah maupun tetangga yang mendengar suara siulan itu.

3. Kupu-kupu masuk kedalam rumah pertanda akan datang seorang tamu

Baca Juga:Fakta Unik dan Menarik Karakter Michael De Santa GTA V!Nostalgia : 2 Easter Egg Game GTA San Andreas Terbaru, Bertemu Alien?

Kedatangan hewan yang satu ini ke dalam rumah dianggap sebagai tanda akan ada tamu yang  datang. Sebenarnya maksud dari mitos tersebut adalah agar ketika ada seseorang berkunjung ke rumah, kita sebagai tuan rumah selalu siap menyambut dengan ramah dan baik.

4. Duduk di depan pintu akan menghambat datangnya jodoh

Mitos yang satu ini juga masih dipercaya oleh masyarakat sampai sekarang, adalah anak gadis dilarang duduk di depan pintu karena akan sulit mendapat jodoh. Sisi positif dari munculnya mitos ini adalah untuk mengajarkan sopan santun kepada anak-anak perempuan. Sebab bila duduk di depan pintu bisa menghalangi orang lain yang mau masuk ataupun keluar dari rumah.

5. Keluar pada saat maghrib diculik demit

Mitos satu ini seringkali diucapkan oleh orang tua pada zaman dahulu. Mitos masyarakat Jawa ini melarang anak-anak maupun orang dewasa untuk keluar rumah pada menjelang waktu magrib.

0 Komentar