IndoVac Sudah Bisa Digunakan Lansia untuk Booster Kedua Vaksin Covid-19

IndoVac Sudah Bisa Digunakan Lansia untuk Booster Kedua Vaksin Covid-19
0 Komentar

sumedangekspres.com– Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang masuk kedalam kelompok lansia (diatas 60 tahun), sudah bisa mendapatkan vaksin booster kedua Vaksin Covid-19 dengan menggunakan IndoVac. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Nomor Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia yang dikeluarkan pada 22 November 2022 dari Kementerian Kesehatan RI.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Penyuntikan pertama booster IndoVac untuk lansia ini, dilaksanakan di Istana Kepresidenan Bogor pada tanggal 24 November 2022, dan Joko Widodo, menjadi yang pertama menerima vaksin IndoVac yang merupakan buatan Bio Farma.

Baca Juga:Tempat Pesugihan Di Jawa Barat, Apakah Ada?Tiga Gunung Paling Angker Di Pulau Jawa, Apa Saja Itu?

Setelah penyuntikan, dalam sambutannya, Joko Widodo menyampaikan Indonesia telah menyuntikan 205 juta dosis, untuk dosis ke-2 sebanyak 172 dosis, dan untuk vaksin booster pertama telah disuntikan sebanyak 66 juta dosis dan booster kedua masih 730 ribu dosis vaksin.

“Kenapa kita perlu booster, agar imunitas kita terjaga dan dapat memutus penularan covid. Yang paling penting. Vaksin yang digunakan dalam booster kedua ini, yaitu vaksin indovac, produk 100% buatan dalam negeri”, ujar Joko Widodo.

Sementara itu, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi booster menjadi penting sekali mengingat kasus COVID-19 di rumah sakit sedang meningkat,

“Kasus COVID-19 yang masuk rumah sakit dan kasusnya tergolong sedang dan berat itu 74 persen belum di-‘booster’. Untuk kasus yang meninggal, dalam gelombang terakhir ini 84 persen belum di-‘booster’, jadi buat masyarakat tolong diingatkan agar cepat-cepat ‘di-booster”, ungkap Budi Gunadi.

Bio Farma akan mendukung pemberian vaksin booster kedua untuk lansia ini, dengan memproduksi vaksin IndoVac setidaknya sebanyak lima juta dosis sampai dengan akhir tahun 2022, hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir saat kegiatan penyuntikan booster kedua ini berlangsuang.

“Kami akan mempersiapkan vaksin IndoVac untuk booster kelompok lansia. Proses produksi sudah dijalankan sejak dikeluarkannya EUA untuk dosis primer pada akhir September 2022 yang lalu, setidaknya, kami akan memproduksi sebanyak lima juta dosis, sampai dengan akhir tahun 2022 mendatang”, ungkap Honesti.

0 Komentar