Adapun langkah-langkah model pembelajaran Guessing Game mata pelajaran Bahasa Inggris untuk menyampaikan materi Descriptive Text dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara (speaking) adalah sebagai berikut :
1. Guru membuka kelas dengan salam, sapa dan berdoa, kemudian mengecek kehadiran peserta didik.
2. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
3. Guru melakukan apersepsi dan memberi motivasi agar peserta didik bersemangat dan bergembira selama proses pembelajaran.
4. Guru menjelaskan kembali secara singkat materi descriptive text yang sudah disampaikan kepada peserta didik pada pertemuan sebelumnya.
5. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 – 5 peserta didik.
6. Guru menjelaskan tentang langkah pembelajaran dengan menggunakan metode guessing game.
7. Guru meminta satu perwakilan kelompok untuk berdiri di depan kelas menghadap anggota kelompoknya. Peserta didik tersebut tidak boleh menoleh ke papan tulis.
8. Guru menempelkan sebuah gambar tempat wisata/bangunan bersejarah terkenal.
9. Peserta didik yang ada di dalam kelompok mulai menyebutkan ciri-ciri dari tempat wisata/ bangunan bersejarah terkenal tersebut, seperti lokasi, sejarah, bentuk bangunan, benda-benda yang ada di dalamnya, dll.
10. Setelah waktu yang telah ditentukan habis, peserta didik yang berdiri di depan kelas menebak nama tempat wisata/ bangunan bersejarah yang ada dalam gambar. Jika jawabannya benar, kelompok tersebut akan mendapat reward dari guru untuk keberhasilan dalam permainan.
11. Secara bergiliran, guru meminta kelompok lain melakukan hal yang sama.
12. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan apresiasi, membuat kesimpulan bersama peserta didik dan memberikan penguatan untuk pembelajaran berikutnya.
Melalui model pembelajaran PBL dengan metode pembelajaran guessing game, penulis mendapatkan beberapa manfaat dalam menyampaikan materi Descriptive Text bangunan bersejarah untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta didik di MAN 1 Sumedang pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Metode pembelajaran Guessing Game dapat memancing peserta didik yang malu dan pasif untuk turut aktif selama proses pembelajaran. Peserta didik merasa lebih rileks dan gembira. Melalui permainan dalam kelompok, maka setiap anggota dalam kelompok akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk memenangkan kelompoknya sehingga metode ini dapat merangsang keberanian peserta didik untuk berbicara sekaligus meningkatkan keterampilan berbicara.