Biografi Pahlawan Nasional R Otto Iskandar Dinata

sumedangekspres – Biografi Pahlawan Nasional R Otto Iskandar Dinata. Pahlawan dari Bandung Selatan, Otto Iskandar Dinata, merupakan satu dari beberapa pahlawan nasional dan pejabat negara yang tak memiliki makam. Bukan hanya itu, bahkan kematiannya pun masih merupakan teka-teki sampai sekarang.

Otto Iskandar Dinata menjadi Pahlawan Nasional Indonesia sejak ditetapkan 6 November 1973. Dia lahir di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, 31 Maret 1887.

Sebelum meninggal pada 20 Desember 1945, Otto sempat aktif di berbagai organisasi seperti Boedi Oetomo—bahkan menjadi wakil ketua—cabang Pekalongan dan aktif di Paguyuban Pasundan.

Tokoh yang juga wajahnya terdapat pada uang pecahan Rp20.000 cetakan tahun 2004 ini juga pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Lahir dari keturunan bangsawan yang di turunkan dari ayahnya,Raden Otto Iskandardinata atau biasa di sebut Oto merupakan anak ke 3 dari 9 bersaudara, gemar bermain Bola serta menari Sunda juga pandai menabuh gamelan.
Menempuh pendidikan di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Bandung dan melanjutkan pendidikan di Kweek-school Onder-bouw (Sekolah Guru Bagian Pertama) yang merupakan sekolah berasrama di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *