Cara Meredakan Emosi dengan Tenang!

Cara meredakan emosi dengan tenang
Cara meredakan emosi dengan tenang(ist/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres-Cara meredakan emosi dengan tenang, kamu pasti pernah mengalami emosi yang begitu memuncak, bahkan kamu merasa semuanya perlu dikeluarkan walau setelahnya pasti terjadi keributan. Namun, sebelum kamu mengeluarkan apa yang ingin kamu sampaikan, kamu harus menenangkan pikiran terlebih dahulu supaya tidak terjadi kekacauan yang akan merugikan diri sendiri.

Cara meredakan emosi dengan tenang, beberapa orang mengalami rasa cemas, stres, dan terlalu banyak berpikir. Stres bisa berdampak pada tubuh dan energi. Selain itu, juga stres bisa mempengaruhi kecerdasan emosional dalam pengambilan keputusan.

Cara-cara sederhana ini membuat kamu lebih rileks dan tenang untuk menghadapi rutinitas.

Baca Juga:Mood Swing Bikin Pusing!Hal Pasti Paling dirindukan Masa Sekolah!

Ada berbagai cara untuk menenangkan pikiran yang kacau. Menurut penelitian cara ini bisa memunculkan ide dan kreativitas ketika tidak fokus. Berikut beberapa cara untuk menenangkan hati dan pikiran.

1. Cobalah untuk istirahat sejenak, kemudian menghirup dan menghembuskan udara secara teratur. Cara menarik nafas dalam 4 hitungan, kemudian hembuskan nafas sebanyak dua kali lebih lama (misal hitungan keenam atau kedelapan).

Ketika kamu melakukan pernapasan, sistem saraf parasimpatis akan aktif untuk mengurangi detak jantung dan tekanan darah.

2. Self Compassion
Self Compassion adalah kemampuan seseorang untuk menyadari emosi yang ada dalam diri sendiri. Emosi ini bisa muncul ketika dihadapkan pada kegagalan. Self compassion menjadi cara untuk memperoleh kehidupan membahagiakan dan positif. Bisa dibilang self compassion adalah cara memahami dan menerima diri sendiri.

3. Komunikasi
Kasih sayang dari orang lain dibutuhkan untuk menenangkan pikiran. Jika ada hal-hal yang mengganggu, cobalah untuk berkomunikasi pada orang lain. Kebaikan dan kasih sayang membantu diri sendiri untuk menghadapi kesulitan. Carilah bahan obrolan bersama orang terdekat untuk mengungkapkan emosi dan stres. Luangkan waktu untuk bernapas, peduli pada diri sendiri, dan terhubung dengan orang lain. Hal ini membantu untuk mendapatkan energi dan ketenangan.

Cara meredakan emosi dengan tenang, jika Anda merasa cemas, takut, dan panik cobalah untuk mengatasi sesuai kemampuan. Semoga cara sederhana diatas bisa membantu  untuk mengatasinya!

0 Komentar