Sejarah Cadas Pangeran Dari Jaman Belanda

Cadas Pangeran Jaman Belanda
Cadas Pangeran Jaman Belanda
0 Komentar

Perintah tersebut berisi tentang penghadangan Pasukan Belanda yang lewat jalan Cadas Pangeran. Dalam buku Siliwangi dari Masa ke Masa (1979, hlm. 198), terungkap pada pukul 05.00 WIB pasukan Somali sudah sampai di Cadas Pangeran (3 kilometer dari Sumedang ke arah Bandung). Tepat pukul 07.00 WIB, muncul kerumunan Belanda dengan mobil-mobilnya.

Lantaran ini adalah operasi penghadangan, maka Somali beserta kawan seperjuangan meluncurkan tembakan-tembakan mematikan ke arah pasukan Belanda. Kendati demikian, Somali ternyata terpojok oleh bala bantuan yang datang. Akhirnya, mereka memutuskan mundur hingga lolos dari tentara Belanda dengan melarikan diri menaiki tebing Cadas Pangeran yang curam. Kala itu, tak ada korban jiwa dari pihak Indonesia.

Terlepas dari dua sejarah tersebut, daerah sekitar jalan Cadas Pangeran yang curam ini menimbulkan permasalahan lain. Bentuknya yang miring ini lahir akibat pemotongan bukit cadas ketika pertama kali jalan dibuat. Oleh karena itu, kejadian bencana longsor atau batu jatuh berpotensi terjadi.

 

0 Komentar