Sejarah Gunung Tampomas Sumedang

Sejarah sumedang gunung tampomas
Sejarah sumedang gunung tampomas/youtube.@Sarbo'ah Chanel
0 Komentar

Hingga kini, sebutan Tampomas diartikan sebagai tanpa pusaka emas, gunung tersebut akan meletus. Sejak peristiwa itu, gunung tersebut tak lagi mengeluarkan suara gemuruh.

Bahkan, hingga kini gunung tersebut cenderung sangat tenang dan dikeramatkan oleh banyak pihak. Itulah Cerita rakyat Jawa Barat, legenda Gunung Tampomas, sebagai salah satu referensi untuk Anda.

Sejak dahulu, gunung Tampomas dipercaya memiliki kekuatan mistis yang kuat, banyak orang yang menjadikannya sebagai tempat bertapa (ngelmu), termasuk Prabu Siliwangi.

Baca Juga:Sekilas Penelitian Situs Gunung PadangSekilas Sejarah Kesenian Gembyung Jawa Barat

Selain itu, gunung Tampomas pun memiliki sejumlah situs yang sarat akan sejarah berkuasanya kerajaan Pajajaran di Tatar Sunda.

Situs-situs itu di antaranya adalah tapak kaki Prabu Siliwangi, seorang yang menduduki kursi kepemimpinan di kerajaan Pajajaran, makam keramat Ranggahadi dan Istrinya, sepasang suami-istri yang diyakini masih bagian dari keluarga Prabu Siliwangi dan Batu Kasur, yang kabarnya merupakan tempat tidur Prabu Siliwangi ketika berada di kawasan gunung Tampomas.

Berikut Penjelasan Sejarah Gunung Tampomas Sumedang, Ada Patilasan Dan Makam Keramat Prabu Siliwangi .

0 Komentar