Sejarah Kota Sumedang : Singkat, Padat, & Jelas

Sejarah Kota Sumedang : Singkat, Padat, & Jelas
Sejarah Sumedang/wikipedia
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut ini sejarah Sumedang yang akan dijelaskan secara singkat dan padat.

Sumedang adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Sumedang merupakan kabupaten yang menjadi bagian dari Cekungan Bandung Raya. Sumedang dahulu merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sumedang Larang.

1. Sumedang Berbentuk Kerajaan

Baca Juga:Buruan Daftar Kartu Prakerja! Benefitnya Ada Insentif Sebesar…HYBE Akuisisi SM, Knetz : Ini Perkembangan K-Pop Atau HYBE?

Pada awalnya, Sumedang adalah sebuah kerajaan di bawah kekuasaan Kerajaan Galuh. Didirikan oleh Prabu Guru Adji Putih atas perintah Prabu Surya Dewata sebelum Keraton Galuh dipindahkan ke Pakuan Pajajaran, Bogor.

Seiring dengan perubahan zaman dan kepemimpinan, nama Sumedang mengalami beberapa perubahan. Pertama, menjadi Kerajaan Tembong Agung (Tembong artinya tampak dan Agung artinya luhur) dipimpin oleh Prabu Guru Adji Putih pada abad ke-12.

Kemudian pada masa zaman Prabu Tajimalela, diganti menjadi Himbar Buana yang berarti menerangi alam, dan kemudian diganti lagi menjadi Kerajaan Sumedang Larang (Sumedang berasal dari kata Insun Medal/Insun Medangan yang berarti aku dilahirkan; aku menerangi dan Larang berarti sesuatu yang tidak ada tandingannya).

Kerajaan Sumedang Larang adalah pecahan dari Kerajaan Sunda Pajajaran.

2. Kerajaan Sumedang Larang didirikan Batara Tuntang Buana
Kerajaan Sumedang Larang adalah kerajaan baru yang didirikan oleh Batara Tuntang Buana. Batara lebih memutuskan untuk mendirikan kerajaan baru daripada harus meneruskan kerajaan yang didirikan oleh Ayah-nya.

Batara Tuntang Buana mendirikan Kerajaan Sumedang Larang setelah dirinya melakukan perjalanan untuk mendalami 30 pasal elmu Kasumedangan.

Dalam perjalanan tersebut, Batara Tuntang Buana melewati beberapa pegunungan, mulai dari Gunung Merak, Gunung Pulosari, Gunung Puyuh, Gorowong, Ganea, Gunung Lingga, dan lainnya. Sehingga mengunjungi tempat yang dirasa tepat yakni, Gunung Mandala Sakti yang letaknya berada di sekitar Situraja.

3. Masa Kerajaan Sumedang Larang

Sumedang Larang memiliki masa kejayaan pada waktu dipimpin oleh Pangeran Angkawijaya atau Prabu Geusan Ulun sekitar tahun 1578. Dan dikenal luas hingga ke pelosok Jawa Barat dengan daerah kekuasaan meliputi:

  1. wilayah Selatan sampai dengan Samudra Hindia
  2. wilayah Utara sampai Laut Jawa
  3. wilayah Barat sampai dengan Cisadane
  4. wilayah Timur sampai dengan Kali Brebes
0 Komentar