Cara Kerja Sistem Blockchain

Cara Kerja Sistem Blockchain
Cara Kerja Sistem Blockchain (Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Blockchain  yang telah diadopsi oleh berbagai industri yang mana mekanisme basis data lanjutan yang memungkinkan berbagai informasi secara transparan dalam jaringan bisnis di Indonesia.

Blockchain yang dihubungkan dalam sebuah rantai dengan data yang bersifat konsisten karena kita tidak dapat menghapus ataupun mengubah rantai tanpa konsensus jaringan.

Dengan begitu kita  dapat menggunakan teknologi tersebut untuk membuat buku besar yang didalamnya tidak dapat diubah juga tetap untuk melacak pesanan, pembayaran, akun, serta transaksi lainnya.

Baca Juga:Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan BlockchainBagaimana Penerapan Blockchain?

Sistem blockchain ini memiliki mekanisme bawaan guna mencegah semua entri transaksi yang tidak sah dan akan menciptakan konsistensi dalam tampilan bersama dari transaksi tersebut.

Teknologi ini menghadirkan beberapa tantangan di dalam pencatatan transaksi keuangan, seperti dalam kasus penjualan properti. Uang yang telah dibayarkan kepemilikian properti dialihkan kepada pembeli.

Baik pembeli dan juga penjual dapat secara individu mencatat transaksi, namun tidak ada sumber yang dapat dipercaya. Karena dapat saja penjual dengan mudah mengklaim bahwabelum menerima uangnya.

Setelah mengetahui secara umum apa itu blockchain, selanjutnya berikut merupakan penjelasan bagaimana cara kerja sistem blockchain.

Setiap kamu melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang kripto di salah satu situs, maka transaksi tersebut akan masuk ke dalam satu blok.

Dalam hal ini, tidak hanya kamu saja yang melakukan transaksi. Kemungkinan ada banyak orang yang juga melakukan transaksi sehingga transaksi akan dikemas di dalam blok bersama dengan informasi transaksi dari pengguna yang lain.

2. Harus diverifikasi

Transaksi yang telah dilakukan dengan mata uang kripto harus diverifikasi.Dalam hal ini, dikarenakan blockchain bergerak di dalam sebuah jaringan komputer, maka transaksi akan diverifikasi oleh jaringan komputer, bukan manusia.

Baca Juga:Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara KerjanyaCara Blockchain Mengubah Dunia

Sebagai contoh, ketika kamu melakukan transaksi di salah satu situs, jaringan komputer akan bergegas untuk melakukan verifikasi terkait transaksi tersebut, apakah transaksinya sesuai seperti yang kamu pesan atau tidak.

0 Komentar