Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan Blockchain

Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan Blockchain
Karateristik, Kelebihan dan Kekurangan Blockchain ( Freepik )
0 Komentar

Kedua, fakta bahwa setiap informasi yang ada disimpan di jaringan komputer, bukan di satu server,membuat peretas akan sangat sulit untuk meretas data transaksi.

Selain itu, dengan keamanan yang ketat seperti ini, blockchain dapat mencegah aktivitas ilegal lain seperti penipuan.

4. Memangkas Biaya

Selain memangkas waktu, kelebihan dari apa itu blockchain juga berguna untuk mengurangi biaya. Pasalnya, jika kamu menggunakan sistem ini, kamu tidak perlu lagi membayar pihak ketiga untuk melakukan sebuah transaksi.

Baca Juga:Bagaimana Penerapan Blockchain?Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Selain itu, kamu juga tidak perlu ribet dengan urusan administrasi yang terkadang memakan dana yang besar. Pasalnya, dengan blockchain, tidak ada syarat rumit yang terkadang melelahkan secara finansial dan waktu.

Kelemahan Blockchain

Dengan berbagai kelebihan dari penerapan sistem blockchain, terdapat kelemahan yang meliputinya.

1. Membutuhkan Resourse Besar

Jika keunggulan teknologi blockchain adalah tidak dapat diubah oleh siapa pun termasuk diri kita sendiri, maka terkadang hal ini dapat menyulitkan.

Karena apabila kita membuat sebuah transaksi yang membuat terjadi perpindahan kripto ke akun lain maka perlu perubahan isi data blok.

Memang, perubahan data ini akan diregistrasi sebagai blok baru. Walaupun hanya perubahan sederhana maka akan disimpan dalam blok baru pada rantai yang sama, sehingga hal ini memakan kapasitas penyimpanan (disk space).

2. Data Terlihat oleh Semua Orang

Keamanan yang menjadi kelebihan blockchain adalah setiap data tidak dapat diubah maupun dipalsukan oleh siapapun. Namun, tidak memungkiri bahwa data kamu akan terbaca oleh semua orang bahkan di analisis.

Karena sifat teknologi blockchain yaitu transparansi. tetapi tetap saja kamu sebagai pemilik data tidak akan ditemukan oleh orang yang melihat data tersebut.

0 Komentar