Sekilas Spesifikasi Mazda Tribute

0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Spesifikasi Mazda Tribute

Menjelang pergantian milenium, muncul kelas kendaraan baru bernama compact SUV yang dipelopori oleh beberapa pabrikan Jepang antara lain Suzuki Escudo, Honda CR-V dan Toyota RAV4.

Tak ketinggalan, Mazda yang saat itu sempat dekat dengan Ford juga memasuki pasar compact SUV dengan meluncurkan Mazda Tribute yang seperti mobil Mazda lainnya juga memiliki versi Ford dengan Ford Escape.

Jauh sebelum Mazda Tribute, Mazda memang memiliki jajaran SUV kompak, dengan Amerika memiliki Mazda Navajo, remake dari Ford Explorer tiga pintu, sedangkan Jepang memiliki Mazda Proceed Lavante, remake dari

Suzuki Escudo.

Baca Juga:Bengkel Mazda Terdekat Daerah BandungSekilas Spesifikasi Mobil Mazda R360

Namun tidak demikian halnya dengan Tribute, dimana Mazda Tribute merupakan model asli Mazda, meskipun Ford dapat menimbulkan gangguan, oleh karena itu Ford juga menjual Mazda Tribute seperti Ford Escape dan

Mercury Mariner. Mazda Tribute diluncurkan secara internasional pada tahun 2000 dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 2002. Desain Mazda Tribute terlihat berani namun tetap sporty, dengan bentuk agak boxy yang

membuatnya sedikit mirip dengan Mazda Navajo. Berbeda dengan Navajo, Mazda Tribute hanya tersedia dalam pilihan bodi 5 pintu. Bagian belakangnya juga terlihat lebih modern dengan bentuk asimetris yang sedikit

membulat. Meski tanpa roda cadangan stasiun, tampilannya Amerika dan spektakuler berkat kaca pintu belakang yang bisa dibuka tanpa pintu.

Mazda Tribute Indonesia awalnya hanya ditawarkan dengan mesin 2000cc. Mesin yang digunakan Ford Zetec kode MHV dan DOHC 16 katup 4 silinder berkonfigurasi VVT volume 2000.

Tenaga mesin yang juga digunakan pada mobil Ford lain seperti Focus adalah 130 hp. dan torsi 183. Nm. Transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 4 percepatan digunakan untuk menggerakkan roda depan.

Selain 4 silinder, ada juga versi dengan mesin V6 yang cukup langka. Mazda Tribute V6 menggunakan mesin Ford Duratec V6 dengan konfigurasi 6 silinder V-DOHC 24 katup berkapasitas 3000 cc.

0 Komentar