Menjadi Freelancer: Keuntungan dan Tantangan yang Perlu Diketahui!

Menjadi Freelancer: Keuntungan dan Tantangan yang Perlu Diketahui!
Menjadi Freelancer: Keuntungan dan Tantangan yang Perlu Diketahui! (wellandgood.com)
0 Komentar

Kamu harus bisa menggunakan kebebasan kamu untuk mengerjakan proyek-proyek dengan bijak. Atur pekerjaanmu agar selesai tepat waktu.

Jika pekerjaanmu sering terlambat, para klien bisa saja tidak lagi mempercayakan proyek mereka padamu. Tidak ada orang yang mau mempekerjaan freelancer yang tidak disiplin, bukan?

6. Mengelola uang dengan baik

Seorang freelancer harus bisa mengelola keuangan pribadinya dengan baik, apalagi jika kamu menggantungkan hidupmu pada proyek-proyek lepas ini.

Baca Juga:13 Freelance Paling Dicari Tahun 2023Apakah Gaji 4.5 Juta Kebawah Tetap Harus Bayar Pajak?

Alasannya mungkin sudah bisa kamu tebak, yaitu pendapatan yang tidak tetap.

Ingatlah karena pekerjaan freelancer bergantung pada proyek yang kamu ambil, maka penghasilanmu pun bergantung pada penawaran proyek yang kamu terima.

Jika di bulan ini kamu mendapatkan proyek yang memberikan penghasilan hingga belasan juta, di bulan berikutnya kamu belum tentu mendapatkan jumlah yang sama.

Kamu bisa saja mendapatkan penghasilan lebih rendah atau bahkan tidak ada proyek sama sekali. Jangan sampai di bulan berikutnya kamu kesulitan memenuhi kebutuhan dasar.

Jika kamu bisa menghadapi tantangan ini dengan baik, keuntungan sebagai seorang freelancer bisa kamu rasakan dengan maksimal di masa depan.

Untuk kamu yang masih tertarik dengan status freelancer, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan online di berbagai situs lowongan kerja.

Setelah mendapatkan proyek, jangan lupa untuk tetap bekerja dengan disiplin.

Menjadi Freelancer: Keuntungan dan Tantangan yang Perlu Diketahui!

0 Komentar