Peluang Bisnis Makanan Ringan Kemasan di Purwakarta, Sebelum Mulai Simak Dulu Cara Menentukan Harga Jual Produknya

Peluang Bisnis Makanan Ringan Kemasan di Purwakarta, Sebelum Mulai Simak Dulu Cara Menentukan Harga Jual Produknya
Peluang Bisnis Makanan Ringan Kemasan di Purwakarta, Sebelum Mulai Simak Dulu Cara Menentukan Harga Jual Produknya (Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika / sumber: Pemkab Purwakarta)
0 Komentar

Berikut rumus markup pricing:

Harga jual = biaya bahan baku modal + (biaya bahan baku modal x markup)

Misalnya kamu ingin menjual makanan ringan kemasan dengan modal Rp5.000. Persentase keuntungan yang ingin dicapai adalah 20 persen. Jadi, kamu perlu membanderol kopi susu dengan harga sebagai berikut:

Harga jual = Rp5.000 + (Rp5.000 x 20%)

Harga jual = Rp6.000

2. Margin pricing

Metode margin pricing membuat kamu perlu menentukan dulu harga jual yang ingin dipatok. Setelah itu, baru menghitung harga margin yang kamu dapatkan. Harga ini bisa dinilai apakah sudah sesuai dengan target pasar yang disasar.

Berikut rumus margin pricing:

Margin = (Harga jual – Harga modal) / harga jual

Baca Juga:Hasil Kunker ke AS, Ridwan Kamil Bawa Beasiswa Pendidikan Teknologi “Blockchain” untuk Anak MudaKTT Ke-42 ASEAN 2023 INDONESIA: PM Timor-Leste Berterima Kasih Atas Dukungan Indonesia

Misalnya kamu ingin menjual makaroni bantet dengan modal Rp7.500. Lalu, harga jual yang kamu tetapkan adalah Rp15.000. Berikut harga margin yang kamu dapatkan:

Margin = (Rp15.000 – Rp7.500) / Rp15.000

Margin = 50%

Selanjutnya adalah mengecek target pasar dan kompetitor yang memasarkan produk serupa. Analisis margin tersebut apakah sudah sesuai atau masih terlalu kemahalan.

3. Harga bundling

Bundling merupakan cara memasarkan lebih dari satu produk dalam satu harga. Biasanya harga bundling lebih rendah dibandingkan saat pembeli membeli produk-produk tersebut secara satuan. Menentukan harga bundling pun perlu mengalikan dengan total produknya.

Rumus harga bundling:

Harga jual = (modal x jumlah produk) – dengan potongan harga

Kamu bisa memasarkan kopi susu dengan jual per gelas Rp10.000. Lalu, kamu ingin membuat harga bundling 2 kopi susu tersebut. Untuk membuat harganya lebih menarik, kamu mengurangi biaya modal senilai Rp1.000

Harga bundling = (Rp10.000 x 2) – Rp1.000

Harga bundling = Rp19.000

Mungkin keuntungan yang kamu dapatkan lebih kecil. Namun, metode bundling membuka potensi untuk menjual lebih banyak. Dengan begitu, keuntungan kamu pun bisa lebih besar.

4. Keystone pricing

Ada juga penetapan harga yang sudah pasti yang dinamakan keystone pricing. Mungkin metode ini masih sangat jarang dilakukan di bisnis kuliner. Namun, tidak ada salahnya juga kamu mencoba untuk mempraktikkannya di bisnis makanan yang sedang dijalani.

0 Komentar