Kisah Nyai Mas Subang Larang Wanita Cantik Muslim di Padjajaran

Kisah Nyai Mas Suban Larang Wanita Cantik Muslim di Padjajaran
(kolase sumedangekspres)
0 Komentar

sumedangekspres – Kisah Nyai Mas Subang Larang. Berdasarkan cerita rakyat yang ada dan berkembang di masyarakat saat ini, kata Subang berasal dari nama seorang perempuan yang disebutkan dalam Babad Siliwangi, yaitu Subanglarang atau Subangkaranang.

Hal ini ditegaskan dengan adanya cerita atau cerita dalam babad Pajajaran. Babad Pajajaran menceritakan bahwa ada seorang petani di daerah Karawang yang diasuh oleh Syeh Datuk Quro.

Saat itu salah satu santri di rumah tersebut bernama Subanglarang atau Subangkaranang dan merupakan putri dari Ki Jamajan Jat.
Pada suatu masa, putri Subanglarang menikah dengan Raden Pamanahrasa yang bergelar Prabu Siliwangi seperti Raja Pajajaran.

Baca Juga:Hotel Handayani Sumedang Hotel Nyaman dan Murah di Sumedang Cocok Untuk Menginap Saat BerliburLirik Lagu S-Class – STRAY KIDS Lengkap Dengan Arti Lagu dan Terjemahan

Dari perkawinan itu lahir tiga orang anak yang bernama Raden Wauntungsang, Ratu Rarasantang dan Kian Santang.

Kata Subang juga berasal dari kata Subang, nama suatu daerah di Kuningan. Selama beroperasi perusahaan yang mengelola perkebunan tersebut adalah P&T Land yang dikelola oleh PW. Hofland, seorang Belanda yang memiliki perkebunan karet, kopi, teh, dan tebu di daerah tersebut.

Pemeliharaan perkebunan membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga pekerja didatangkan dari berbagai tempat termasuk wilayah Subang Kuningan.

Saat itu jumlah penduduk Subang belum sebesar saat ini, para pendatang mendirikan kampung atau perkampungan di sekitar pabrik yang disebut Babakan atau Kampung Subang sesuai dengan nama tempat asalnya.

Versi cerita rakyat lainnya menyebutkan bahwa kata subang berasal dari kata suweng. Suweng adalah istilah yang mengacu pada perhiasan yang dikenakan wanita di telinga mereka, juga disebut anting.

Sementara itu, ada pula yang menegaskan bahwa kata Subang berasal dari kata Kubang. Berdasarkan cerita rakyat, konon di daerah Subang tepatnya di Rawabadak terdapat kubangan atau rawa tempat mandi badak.

Tidak ada bukti ilmiah tentang artefak yang ditemukan di daerah Subang, tetapi kemungkinan terjadi pada zaman Subang kuno.

Baca Juga:Wajah Baru Destinasi Wisata Ini Paling Cocok Untuk Melihat City Light Kota SumedangDaftar Jurusan UPI Sumedang Lengkap dan Biaya Kuliah di UPI Kota Sumedang

Pada saat yang sama, pendapat tentang kata Suweng dan Kubang hanya dapat menyebabkan kebingungan dalam pengucapan atau pengucapan kata-kata tersebut.

Asal muasal nama daerah Subang dengan Subang Larang

0 Komentar