5 Alat Musik dari Jawa Barat yang Paling Populer dan Memiliki Suara Merdu

5 Alat Musik dari Jawa Barat yang Paling Populer dan Memiliki Suara Merdu
5 Alat Musik dari Jawa Barat yang Paling Populer (ist/kolase)
0 Komentar

Calung dimainkan dengan cara dipukul pada bagian-bagian bambu untuk menghasilkan berbagai macam nada yang merdu.

5. Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional berbahan dasar kayu yang berbentuk seperti perahu dan dilengkapi dengan 7 hingga 20 dawai.

Setiap dawai menghasilkan nada yang berbeda, dan nada-nada tersebut mengikuti tangga nada Sunda, yakni da-mi-na-ti-la-da.

Baca Juga:UMP DAN UMK JAWA BARAT 2023: Peningkatan Upah untuk PekerjaTempat Foto Prewedding Romantis, Abadikan Cinta di Keindahan Villa Gajah Depa Sumedang

Kecapi mampu menghasilkan suara yang syahdu dan dapat dimainkan secara solo maupun menjadi pengiring alat musik lainnya. Kecapi dimainkan dengan cara dipetik.

Dengan keunikan dan keindahan suara yang dimiliki oleh alat musik tradisional Jawa Barat, sangat penting untuk melestarikannya agar tetap hidup dan diapresiasi oleh generasi mendatang.

Selain sebagai simbol budaya, alat musik tradisional ini juga dapat menjadi media untuk memperkenalkan kekayaan budaya Jawa Barat kepada dunia.

Dengan semangat dan kolaborasi dari masyarakat, pemerintah, dan para seniman, kelestarian alat musik tradisional Jawa Barat dapat terjaga dengan baik dan tetap menjadi bagian dari identitas budaya bangsa.***

0 Komentar