Jika Kamu Liburan Ke Aceh, Wajib Banget Nyobain Makanannya, 6 Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh
Makanan yang Memiliki Cita Rasa Khas dari Bumbu-bumbu racikan Daerah Aceh
0 Komentar

sumedangekspres – Jika Kamu Liburan Ke Aceh, Wajib Banget Nyobain Makanannya, 6 Makanan Khas Aceh

1. Keumamah adalah sebutan bagi ikan kayu yang merupakan ikan tongkol yang telah dikeringkan sehingga bentuknya menyerupai kayu.

Proses pengasinan dan pengeringan membuat keumamah menjadi makanan yang tahan lama tanpa perlu disimpan di kulkas. Menurut sejarah, keumamah dahulu dijadikan sebagai perbekalan bagi para pejuang Aceh pada masa peperangan dengan penjajah.

Baca Juga:4 Manfaat Buah-buahan yang Bagus Untuk Kesehatan Mata3 Minuman Khas Sumatera Selatan yang Membuat Badan Kembali Segar

Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti ditumis atau dimasak dengan kuah santan yang lezat.

2. Sekilas, kue adee terlihat mirip dengan bika ambon karena memiliki warna yang serupa. Jajanan khas Aceh ini pertama kali dibuat oleh Rosnah atau Kak Nah pada tahun 2004.

Kue ade memiliki dua varian, yakni yang terbuat dari singkong dan yang terbuat dari terigu. Bahan dasar tersebut dicampur dengan gula, telur, dan air daun pandan. Adonan ini kemudian dipanggang dalam oven sehingga memiliki tekstur yang kering di luarnya.

3. Ayam tangkap merupakan sajian ayam goreng khas Aceh. Ayam goreng tersebut digoreng bersama dengan daun salam dan daun pandan, yang memberikan aroma yang sangat menggugah selera. Dedaunan yang digoreng kering menambah kenikmatan ayam ketika disantap bersama dengan nasi.

4. Kuah pliek, merupakan kuah sup khas Aceh berwarna kuning yang berasal dari bumbu pliek. Bumbu ini dibuat dari hasil fermentasi parutan kelapa yang dijemur selama berhari-hari.

Kuah pliek biasanya diisi dengan berbagai macam sayuran, memberikan cita rasa segar dan aroma yang sedap, yang berasal dari kelapa yang khas. Rasa kuah pliek cenderung lebih ringan daripada gulai khas Padang, sehingga cocok sebagai pilihan yang lebih sehat.

5. Masakan ini memiliki nama lengkap “gule eungkot paya,” yang artinya gulai ikan payau. Jenis ikan yang digunakan biasanya adalah ikan gabus atau lele.

Baca Juga:Tahap-tahap Sebelum dan Setelah Upacara Adat Sedekah Rame SUmatera SelatanUpacara Adat Sedekah Rame Tradisi Doa Bersama Jelang Musim Tanah di Sumatera Selatan

Ciri khas dari masakan Aceh adalah rasa pedas yang berpadu dengan asam, hal ini juga terdapat pada eungkot paya. Bumbu khas yang digunakan antara lain ketumbar dan kelapa sangrai yang ditumbuk halus, sedikit santan, kunyit, asam sunti, cabai, jahe, dan bawang putih.

0 Komentar