Pancasila Sebagai Salah Satu Pilar Kedaulatan Kebangsaan Indonesia

ISTIMEWA, TERBARING: Remaja korban kecelakaan di Ciherang saat berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Su
Foto: Istimewa
0 Komentar

Apa yang menyebabkan keberagaman dengan adanya ras dan suku bangsa di Indonesia?

Karena Indonesia itu terdiri dari berbagai pulau, baik besar ataupun kecil dan setiap pulau juga memiliki kondisi alam yang berbeda-beda. Maka kondisi alam inilah yang kemudian mempengaruhi terhadap  perkembangan adat-istiadat yang berbeda di setiap pulau. Ini menyebabkan adanya perbedaan dalam keberagaman, baik  dalam budaya dan adat-istiadat di Indonesia.

Pancasila dari Sudut Pandang Islam

Ditinjau secara istilah Pancasila adalah dasar negara yang disebut falsafah atau dasar negara. Di dalam kitab Negarakertagama karya Empu Prapanca. Dijelaskan bahwa Pancasila berisi ajaran sebagai berikut: 1) Dilarang membunuh 2) Dilarang mencuri 3) Dilarang berzina 4) Dilarang berdusta 5) Dilarang meminum minuman keras, (Kebudayaan, 2014).

Baca Juga:Buka Rakernis Ditjen SPPR, Menteri AHY: Capai Target Pendaftaran Sisa 7 Juta Bidang Tanah Pada Tahun 2024GCC Sumedang Fasilitasi Pelaku Ekonomi Kreatif

Dan Islam sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi semesta alam, Islam sangat relevan dan fleksibel dalam segala bidang kehidupan. Islam mengatur para pemeluknya dalam segala hal, baik itu kehidupan individu maupun sosial kemasyarakatan.

Oleh sebab itu, kita sebagai warga negara Indonesia dan masyarakat yang beragama untuk senantiasa melaksanakan, menjaga, dan mengaplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila itu dalam kehidupan kita, baik dalam berbangsa, bernegara, bermasyarakat dan beragama.

Pancasila yang telah menjadi falsafah bangsa kita ini dan juga sebagai sumber dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia, yang terkandung di dalam konstitusi, dan itu sejatinya menjadikan ijtihad yang telah dilakukan oleh para tokoh muslim ketika mereka melakukan perjuangan dengan niatan untuk  kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Bahkan, banyak dari para tokoh dan cendikiawan yang menyatakan bahwa Pancasila itu merupakan hadiah “Anugrah dan Rahmat Allah SWT”yang terbesar atas perjuangan dari umat Islam dan tokoh Islam bagi bangsa dari Republik Indonesia ini.

Sejarah Hari Lahirnya Pancasila Sebagai Dasar Negara 

Sejarah hari lahir Pancasila, digagas dan dirumuskan pada Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( BPUPKI I ). Ada tiga tokoh sentral dalam Sidang BPUPKI I. Ketiga orang tersebut sebagai penggagas dalam penyusun Dasar Negara itu adalah Mr.Moh.Yamin, Dr. Soepomo dan Ir. Soekarno.

0 Komentar