PPDB 2024 Tingkat SD dan SMP di Sumedang: Harus Objektif dan Transparan

ISTIMEWA, BERBINCANG: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dr Dian Sukmara saat memaparkan tentang PPDB
ISTIMEWA, BERBINCANG: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dr Dian Sukmara saat memaparkan tentang PPDB di kantornya, Selasa (4/6).
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 tingkat SD dan SMP di Kabupaten Sumedang resmi dibuka mulai dari tanggal 3 sampai dengan 15 Juni 2024.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik Sumedang Dian Sukmara saat ditemui disela-sela sebuah acara, Selasa (4/6).

Dikatakan, kegiatan PPDB untuk SD dan SMP di Kabupaten Sumedang segala sesuatunya sudah disepakati bersama.

Baca Juga:Akses Jalan ke Geopark Cisaar Amburadul: Roda Perekonomian Warga Cenderung LesuJelang Iduladha, Harga Cabai di Pasar Parakanmuncang Naik

Kesepakatan itu, baik dari Pemda Sumedang diwakili Pj Bupati, Polres, Kodim dan juga Ombudsman beberapa waktu lalu. 

“Diharapkan semuanya berjalan secara objektif, transparan dan terbuka. Adapun presentasi yang sudah disepakati dengan berbagai kriteria yaitu, zonasi, prestasi, afirmasi, perpindahan, dan lainnya,” jelasnya.

Dia merinci dengan detail prosentasi yang telah disepakati bersama. Diantaranya, untuk SMP diantaranya ada jalur zonasi 55 persen, jalur prestasi 20 persen, jalur afirmasi 20 persen, jalur perpindahan 5 persen, jalur Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) 17 persen, jalur Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) 3 persen, Rapor 12 persen, jalur lomba 5 persen dan jalur Hafidz 5 persen.

Sedangkan, lanjut dia, untuk SD, jalur zonasi 75 persen, jalur afirmasi 20 persen, Jalur Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) 17 persen, jalur Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) 3 persen serta Jalur perpindahan tugas 5 persen.

“Adapun untuk jalur prestasi dibagi dua, yakni akademik dan non akademik. Serta ada pula jalur Afirmasi serta jalur Perpindahan,” ujarnya.

Disebutkan, sebanyak 72 SMP Negeri yang tersebar di Kabupaten Sumedang telah siap melaksanakan PPDB. Kemudian, juga telah diadakan workshop bagi panitia PPDB 2024 itu.

“Jadi, dalam PPDB 2024 ini, kita juga menggunakan sistem full Online melalui akun yang sudah diberikan oleh para penyelenggara,” ujar dia.

Baca Juga:Menteri AHY Blusukan di Riau, Mulai dari Ganti Mobil hingga Layani Warga Foto di KebunSakip Desa Padasuka Teratas di Sumedang Utara

Begitu juga dengan PPDB untuk SD, lanjut Dian, pihaknya sudah melakukan pelatihan kepada masing-masing bidang. 

“Semoga dapat terjaring sesuai dengan formasi yang sudah ditetapkan,” tutupnya. (red)

0 Komentar