Cara Membuat Obat dari Bawang Merah

Cara Membuat Obat dari Bawang Merah
Cara Membuat Obat dari Bawang Merah
0 Komentar

sumedangekspres, Cara Membuat Obat dari Bawang Merah. Bawang merah tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga memiliki berbagai khasiat sebagai obat alami. Berikut ini adalah beberapa cara membuat obat dari bawang merah untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan:

 1. Obat Batuk

Bahan:– 1-2 siung bawang merah– 1 sendok makan madu

Cara Membuat:1. Cuci bersih bawang merah, kemudian kupas kulitnya.2. Parut atau haluskan bawang merah.3. Campurkan bawang merah yang sudah dihaluskan dengan madu.4. Konsumsi campuran ini 1-2 kali sehari untuk meredakan batuk.

2. Obat Demam pada Anak

Bahan:– 3-4 siung bawang merah– Minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya

Baca Juga:Rekomendasi Baju untuk Idul Adha KekinianRekomendasi Baju untuk Anak pada Hari Raya Idul Adha

Cara Membuat:1. Cuci bersih bawang merah, kemudian kupas kulitnya.2. Iris tipis bawang merah.3. Campurkan irisan bawang merah dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.4. Gosokkan campuran ini pada telapak kaki anak, punggung, dan perut untuk membantu menurunkan demam.

3. Obat Sakit Tenggorokan

Bahan:– 1-2 siung bawang merah– Air hangat secukupnya– 1 sendok makan madu (opsional)

Cara Membuat:1. Cuci bersih bawang merah, kemudian kupas kulitnya.2. Iris tipis atau haluskan bawang merah.3. Campurkan bawang merah dengan air hangat dan madu.4. Gunakan campuran ini sebagai obat kumur beberapa kali sehari untuk meredakan sakit tenggorokan.

4. Obat Luka dan Infeksi Kulit

Bahan:– 1-2 siung bawang merah– Madu atau minyak kelapa secukupnya (opsional)

Cara Membuat:1. Cuci bersih bawang merah, kemudian kupas kulitnya.2. Haluskan bawang merah hingga membentuk pasta.3. Oleskan pasta bawang merah langsung pada luka atau area yang terinfeksi.4. Jika diinginkan, campurkan dengan sedikit madu atau minyak kelapa untuk meningkatkan efektivitas dan memudahkan pengaplikasian.5. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman, kemudian bilas dengan air bersih.

 5. Obat Sakit Kepala

Bahan:– 1-2 siung bawang merah– Kain atau handuk kecil

Cara Membuat:1. Cuci bersih bawang merah, kemudian kupas kulitnya.2. Iris tipis bawang merah.3. Bungkus irisan bawang merah dengan kain atau handuk kecil.4. Tempelkan kain berisi irisan bawang merah pada dahi atau area yang sakit selama 15-20 menit.

0 Komentar