Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Keramahtamahan jadi Modal Utama Bisnis Perhotelan

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Keramahtamahan jadi Modal Utama Bisnis Perhotelan
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Keramahtamahan jadi Modal Utama Bisnis Perhotelan
0 Komentar

Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu juga menyinggung ihwal komunikasi pemasaran yang efektif sebagai kunci menarik tamu baru dan mempertahankan tamu yang sudah ada. Ini termasuk penggunaan situs web, media sosial, materi pemasaran, dan kampanye iklan guna menimbulkan perhatian para tamu potensial.

Hotel lanjut Dr Aqua Dwipayana perlu mengumpulkan umpan balik dari tamu agar dapat terus meningkatkan layanan mereka. Komunikasi yang efektif dalam mengelola umpan balik ini adalah kunci untuk memastikan kepuasan tamu dan meningkatkan reputasi hotel.

‘Hotel membutuhkan pasokan berbagai barang dan layanan. Komunikasi yang efektif dengan pemasok penting untuk memastikan bahwa kebutuhan hotel terpenuhi tepat waktu dan dengan kualitas yang baik,” ucap Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Menghargai Semua Orang

Baca Juga:Dr Aqua Dwipayana Berbicara di OJK Sulawesi Tenggara, Ingatkan Pegawai bahwa Komunikasi Jadi Inti PelayananRenovasi Pasar Parakanmuncang: Tantangan dan Harapan

Menurut Dr Aqua Dwipayana, di era digital saat ini mempersyaratkan “soft skill” yang harus dikembangkan oleh setiap pemimpin di semua level organisasi atau lembaga. “Soft skill” menyentuh lima aspek yakni keterampilan berkomunikasi, kemampuan untuk bekerja secara tim, kemampuan manajemen waktu, membuat keputusan, serta kepemimpinan atau “leadership” yang kuat.

“Komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Kemudian, komunikasi efektif dan memberi kepuasan paripurna kepada pelanggan adalah prasyarat mendasar hadirnya budaya pelayanan sebuah lembaga atau organisasi,” kata motivator laris yang telah memotivasi lebih dari dua juta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini.

Dalam pernyataannya, penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu mengungkapkan amanah bekerja di sektor perhotelan dan pariwisata agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan menghargai semua orang sebagai bagian dari pelayanan paripurna atau “service excellence”. Sehingga semuanya merasa nyaman saat berkomunikasi.

“Dengan komunikasi yang nyaman, para tamu akan merasa sangat dihargai dan tidak ragu-ragu menyampaikan berbagai informasi yang sedikit banyak info yang disampaikan mereka bermanfaat buat manajemen hotel untuk terus meningkatkan kinerja terbaik,” kata Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat ini.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu juga menegaskan bahwa bekerja dalam tim yang kompak akan membuat seseorang semakin meyakini bahwa tugas setiap manusia adalah selalu bersyukur dan berbagi kepada sesama. Mensyukuri karena dapat berkontribusi secara nyata kepada timnya.

0 Komentar