128 WNI Telah Dipulangkan, Nasib 2 TKW Asal Cileunyi Bandung Masih Diupayakan

pelayanan
pelayanan
0 Komentar

sumedangekspres, Bantuan pemulangan deportasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia, berhasil dilakukan oleh Badan Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat dan Riau, Sabtu, (15/6/2024).

Melalui informasi yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres, sebanyak 128 WNI telah difasilitasi deportasinya ke Pelabuhan Internasional Dumai, Riau pada Sabtu, (15/6).

Dua orang dari ratusan WNI yang bekerja di luar negeri dan telah kembali pulang ke tanah air tersebut, diketahui merupakan warga Jawa Barat, yakni berdomisili Karawang dan Kabupaten Bandung.

Baca Juga:Ragasa, Sapi Presiden Jokowi DisembelihPringati Hari Lansia, Bey Machmudin Sebut Masih Banyak yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Mereka bernama Nurlia (42) warga Kabupaten Bandung, serta Iis Soraya (31) warga Kabupaten Karawang.

Pegiat Asosiasi Purna Pekerja Migran Indonesia (APPMI) Jawa Barat, Paryanto membenarkan, adanya kepulangan tenaga kerja wanita (TKW) yang difasilitasi BP3MI Jabar.

“Iya kemarin Minggu sebetulnya sudah dipulangkan. Memang sebetulnya mereka (TKW) perlu dibantu untuk pulang,” katanya kepada Jabar Ekspres, Selasa (18/6).

Menurut Paryanto, deportasi pemulangan TKW dalam konteks mereka cukup dirugikan di negara tempat bekerja, sehingga diupayakan agar kepulangan bisa dilakukan secepatnya.

Hal tersebut merujuk pada Peraturan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nomor 03 Tahun 2019.

Artikel ini telah tayang di Jabar ekspres pada Selasa, 18 Juni 2024 dengan judul 128 WNI Telah Dipulangkan, Nasib 2 TKW Asal Cileunyi Bandung Masih Diupayakan

 

0 Komentar