Penutupan Kegiatan PKM, Pelatihan Pembuatan Modul Digital Untuk Para Guru Sekolah Dasar

BERSAMA: Tim PKM UPI Kampus Sumedang berfoto dengan para Guru peserta pelatihan seusai acara penutupan kegiata
BERSAMA: Tim PKM UPI Kampus Sumedang berfoto dengan para Guru peserta pelatihan seusai acara penutupan kegiatan PKM, Pelatihan Pembuatan Modul Digital Untuk Para Guru Sekolah Dasar di Gedung III UPI Kampus Sumedang, Senin (24/6).
0 Komentar

Lebih jauh Prof Yudha mengatakan, kalau bisa dari sejak SD itulah anak di mulai untuk belajar dan memanfaatkan era digitalisasi untuk memudahkan dan mempercepat terjadinya proses pembelajaran sebetulnya, dibanding dengan pembelajaran konvensional yang relatif sangat terbatas.

“Tapi justru dengan digital ini saya mengharapkan nanti ada risetnya akan jadi nanti akan coba dilihat, apakah ada enggak? efek atau pengaruh dari pembelajaran digital ini terhadap hasil belajar siswa, atau perilaku siswa dan banyak variabel-varibel yang bisa dilihat efek dari pembelajaran digital ini, sebetulnya itu yang saya inginkan dari kegiatan ini,” katanya.

Prof Yudha mengatakan, sekarang ia akan mengeksplor kepada Dinas dan menyampaikan bahwa para guru yang sudah dibina dalam waktu satu bulan yang ternyata sudah bisa.

Baca Juga:Melalui Program Reforma Agraria, Masyarakat Terdampak Konflik Sambas Kini Bisa Punya Sertifikat TanahDanramil 1014/Cimanggung Gelar Kegiatan Jumat Berkah

“Dan memang terbukti kalau guru-guru itu kita berdayakan, guru-guru itu kita optimalkan kompetensinya ternyata bisa, sekarang pemerintah harus hadir di situ jangan sampai pemerintah itu diam tapi harus mendukung,” ujarnya.

Prof Yudha juga memaparkan, kalau sekolah-sekolah yang di kota-kota, pembelajaran semuanya sudah berbasis komputer, modul-modul digital sudah biasa di sekolah tersebut.

“Mungkin di Sumedang belum, karena ditiap sekolahnya belum lengkap dengan peralatan komputer,” ujarnya.

Dia berharap setelah pelatihan ini selesai, jangan putus disitu, tapi harus ada keberlanjutan di mana sekolah nanti menyiapkan perangkat komputer atau digital untuk pembelajaran para siswanya.

“Jadi bukan kembali lagi setelah pelatihan ini kembali lagi ke konvensional mengajar di depan kelas, jadi tidak begitu,  kalau bisa anak-anak bawa HP saja, ini sudah menjadi pembelajaran sebenar nah itu yang kita harapkan,” katanya.

“Maka dari itu saya mohon kepada Kepala Dinas bagaimana kalau kegiatan ini lanjut, jangan selesai sampai disini, kalau tidak bisa semua sekolah tidak apa-apa bikin saja dulu di satu sekolah, di SD Cilengkrang saja jadi pilot projek Dinas Pendidikan satu kelas dibelikan perangkat komputer lengkap,  gurunya juga dibekali seperti yang kita lakukan, kedepannya baru sekolah yang lainnya,” sambungnya.

“Saya yakin, Sumedang ini akan menjadi Kabupaten dengan tingkat kualitas para siswanya yang lebih unggul, bisa ikut olimpiade matematika dan lainnya, itulah yang kita harapkan,” pungkas Prof Yudha. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Dr Eka Ganjar Kurniawan S Sos MS, yang hadir pada kegiatan tersebut memberikan Apresiasi atas kegiatan PKM UPI Sumedang dan mengatakan,

0 Komentar