Bumi Adalah Planet Ketiga dari Matahari, dan Planet Terbesar Kelima

Bumi
Bumi
0 Komentar

Rotasi Bumi mengelilingi sumbunya sendiri membutuhkan waktu sekitar 23,9 jam untuk satu putaran penuh. Sumbu rotasi Bumi miring sebesar 23,4 derajat terhadap bidang orbitnya, menyebabkan terjadinya siklus musim. Selama bagian tertentu dari tahun, salah satu belahan Bumi lebih cenderung ke Matahari (menghasilkan musim panas di belahan tersebut), sementara pada saat lain belahan yang berlawanan menghadap jauh dari Matahari (menghasilkan musim dingin di belahan tersebut). Saat musim semi dan musim gugur, kedua belahan Bumi menerima jumlah panas yang seimbang dari Matahari.

Bulan

Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki bulan tunggal, yang dikenal sebagai Bulan. Bulan adalah objek terang dan paling terkenal di langit malam. Peranannya sangat penting dalam menjaga stabilitas Bumi, yang telah membantu menjaga iklim planet ini tetap stabil selama ribuan tahun.

Kadang-kadang, Bumi dapat menjadi tempat sementara bagi asteroid atau batuan besar yang terperangkap oleh gravitasinya. Asteroid atau batuan ini biasanya akan mengorbit Bumi selama beberapa bulan atau tahun sebelum akhirnya kembali ke orbit mengelilingi Matahari. Beberapa dari mereka bahkan menjalani periode “tarian” panjang dengan Bumi selama perjalanan mereka mengelilingi Matahari.

Baca Juga:Planet Neptunus, yang Juga dikenal Sebagai Planet BiruSebutan Bagi Planet Venus adalah Bintang Kejora dan Inilah Fakta Menariknya!

Bulan-bulan lainnya adalah bongkahan batuan yang terperangkap oleh gravitasi planet, tetapi Bulan kita kemungkinan besar terbentuk dari hasil tabrakan besar miliaran tahun yang lalu. Ketika Bumi masih muda, tabrakan besar dengan bongkahan batuan membentuk Bulan dengan menggeser sebagian dari materi dalam Bumi. Materi yang terlempar kemudian berkumpul dan membentuk Bulan seperti yang kita kenal sekarang. Dengan radius sekitar 1.080 mil (1.738 kilometer), Bulan merupakan bulan terbesar kelima di tata surya kita setelah Ganymede, Titan, Callisto, dan Io.

Jarak rata-rata Bulan dari Bumi adalah sekitar 238.855 mil (384.400 kilometer), yang berarti sekitar 30 planet seukuran Bumi dapat menempati ruang antara Bumi dan Bulan.

Cincin

Bumi tidak memiliki cincin seperti planet lain dalam tata surya kita.

Pembentukan

Ketika tata surya terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu dalam tata letaknya yang sekarang, Bumi terbentuk dari materi yang ditarik oleh gravitasi dan berputar-putar menjadi planet ketiga dari Matahari. Seperti planet-planet terestrial lainnya, Bumi memiliki inti padat di pusatnya, mantel berbatu, dan kerak padat.

0 Komentar