Bumi Adalah Planet Ketiga dari Matahari, dan Planet Terbesar Kelima

Bumi
Bumi
0 Komentar

Struktur

Bumi terdiri dari empat lapisan utama yang berbeda. Inti dalam merupakan bola padat yang terbuat dari logam besi dan nikel, dengan radius sekitar 759 mil (1.221 kilometer) dan suhu mencapai sekitar 9.800 derajat Fahrenheit (5.400 derajat Celsius). Di sekitarnya, terdapat inti luar yang tebalnya sekitar 1.400 mil (2.300 kilometer), yang terbuat dari cairan besi dan nikel.

Antara inti luar dan kerak Bumi terletak mantel, lapisan terbesar yang terdiri dari campuran batuan panas dan kental. Mantel ini memiliki ketebalan sekitar 1.800 mil (2.900 kilometer) dan memiliki konsistensi seperti karamel yang panas. Lapisan terluar Bumi, yang disebut kerak, memiliki rata-rata kedalaman sekitar 19 mil (30 kilometer) di daratan. Di dasar laut, kerak ini lebih tipis, hanya sekitar 3 mil (5 kilometer) dari dasar laut hingga puncak mantel.

Permukaan

Seperti Mars dan Venus, Bumi memiliki berbagai fitur permukaan seperti gunung berapi, pegunungan, dan lembah. Litosfer Bumi terdiri dari kerak (baik di daratan maupun di samudra) dan mantel atas, yang terbagi menjadi lempeng-lempeng besar yang terus bergerak. Sebagai contoh, lempeng Amerika Utara bergerak ke barat di atas cekungan Samudra Pasifik dengan kecepatan sekitar pertumbuhan kuku jari manusia. Gempa bumi sering terjadi ketika lempeng-lempeng ini saling bergesekan, bergerak naik, bertabrakan membentuk gunung, atau bahkan terbelah dan terpisah.

Baca Juga:Planet Neptunus, yang Juga dikenal Sebagai Planet BiruSebutan Bagi Planet Venus adalah Bintang Kejora dan Inilah Fakta Menariknya!

Lautan global Bumi, yang meliputi hampir 70% permukaannya, memiliki kedalaman rata-rata sekitar 2,5 mil (4 kilometer) dan menyimpan sekitar 97% dari seluruh air Bumi. Sebagian besar gunung berapi Bumi terletak di bawah laut. Contohnya adalah Gunung Mauna Kea di Hawaii, yang lebih tinggi dari dasar laut hingga puncaknya daripada Gunung Everest, meskipun sebagian besar bagian puncaknya terendam di bawah air. Pegunungan terpanjang di Bumi juga terletak di dasar laut, seperti di dasar lautan Arktik dan Atlantik, yang panjangnya empat kali lipat dari gabungan Pegunungan Andes, Rocky, dan Himalaya.

Suasana

Di dekat permukaan, Bumi memiliki atmosfer yang terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas lain seperti argon, karbon dioksida, dan neon. Atmosfer ini memainkan peran penting dalam mengatur iklim jangka panjang Bumi dan cuaca lokal jangka pendek, serta melindungi kita dari sebagian besar radiasi berbahaya yang berasal dari Matahari. Selain itu, atmosfer juga bertindak sebagai pelindung dari meteoroid yang masuk, di mana sebagian besar dari mereka terbakar saat memasuki atmosfer dan terlihat sebagai meteor di langit malam, sebelum mencapai permukaan Bumi sebagai meteorit.

0 Komentar