Planet keenam (Saturnus) dari Matahari Ini Termasuk Planet yang Berukuran Besar

Planet Saturnus
Planet Saturnus
0 Komentar

sumedangekspres -Saturnus merupakan planet yang dikenal dengan keberadaan cincin disekelilingnya. Planet keenam dari matahari ini termasuk planet yang berukuran besar.

Menurut laman NASA yang dikutip pada Rabu (17/04/2024), Saturnus disebut sebagai “The Jewel of the Solar System” atau Permata Tata Surya. Selama berabad-abad, planet ini telah menjadi objek pengamatan para ahli.

Keunikan planet ini juga menyimpan banyak misteri yang masih diteliti para astronom. Berikut 5 fakta unik tentang planet Saturnus yang jarang diketahui.

Baca Juga:Planet Terkecil dalam Tata Surya adalah Planet Merkurius, Ini Fakta MenariknyaDua Orang Wartawan Kehilangan Handphone Saat Sedang Melakukan Peliputan Kedatangan Pegi Setiawan dirumah nya

1. Durasi Revolusi yang LamaSaturnus memerlukan waktu 29,4 tahun Bumi untuk satu kali mengelilingi Matahari. Jaraknya yang sangat jauh dari Matahari, sekitar 10 kali lebih dari Bumi, menyebabkan Saturnus bergerak melalui ruang angkasa dengan kecepatan yang jauh lebih lambat dibandingkan planet-planet di zona lebih dalam. Beberapa teori mengemukakan bahwa cincin-cincin Saturnus dapat menciptakan medan magnet yang kuat, mempengaruhi gerakannya seperti gaya tipe bipolar pada planet ini. secara astronomi, Saturnus harus melakukan perjalanan sejauh   had also

2. Satelit Alami yang Sangat Besar

Saturnus memiliki banyak satelit alami, dan salah satunya adalah Titan. Titan memiliki ukuran yang lebih besar daripada Merkurius, dan hanya sedikit lebih kecil dari Ganymede, bulan terbesar Jupiter. Atmosfer Titan terutama terdiri dari nitrogen, mirip dengan atmosfer Bumi.

Para ilmuwan telah menduga adanya sungai, danau, awan, hujan, dan samudra yang terbuat dari hidrokarbon cair seperti etana dan metana di Titan. Namun, ketika wahana antariksa Cassini-Huygens mendarat di permukaan bulan ini, foto-foto yang diambil menunjukkan permukaan yang berbatu dan tidak subur, tanpa adanya danau atau sungai yang terlihat secara langsung.

Para ilmuwan memiliki bukti dan hipotesis bahwa ada lautan metana yang sangat dalam dan luas di Titan. Mereka juga menyatakan kemungkinan adanya samudra air di bawah kerak Titan yang bisa menjadi tempat bagi kehidupan.

3. Badai Besar

Seperti planet raksasa lainnya, Saturnus memiliki badai besar yang terjadi di atmosfernya. Salah satu badai yang paling terkenal adalah Badai Besar Utara. Fenomena ini merupakan pusat badai yang berputar dengan kecepatan angin yang sangat tinggi. Badai ini terlihat seperti titik putih yang terus berputar di atmosfer Saturnus.

0 Komentar