Cara Jitu Mengolah Ajmu dari Kunyit

Jamu kunyit asam siap disajikan
Jamu kunyit asam siap disajikan
0 Komentar

sumedangekspres, salah satu cara untuk mengolah jamu dari bahan alami, dalam hal ini kita akan membuat jamu kunyit asam:

Bahan-bahan:

Kunyit: 2-3 ruas kunyit segar, bisa juga menggunakan bubuk kunyit (sekitar 1 sendok teh)Asam jawa: secukupnya, sekitar 1-2 sendok makan asam jawa yang sudah direndam airAir: 3-4 gelas air putihGula merah atau madu: secukupnya untuk menambahkan rasa manis (opsional)

Langkah-langkah:Siapkan kunyit: Jika menggunakan kunyit segar, kupas dan parut kunyit sampai halus. Jika menggunakan bubuk kunyit, langsung masukkan ke dalam panci.Persiapkan asam jawa: Rendam asam jawa dalam sedikit air hingga lunak, lalu saring airnya untuk menghilangkan bijinya.Rebus bahan-bahan:

Baca Juga:Siap Wujudkan Generasi Sehat, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Dukung Program Makan Bergizi GratisAnak Usia 3 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Kolam Pemancingan Ikan di Tasikmalaya

Tuangkan air ke dalam panci, lalu tambahkan kunyit yang sudah diparut atau bubuk kunyit.

Masukkan juga air rendaman asam jawa yang sudah disaring.Bila menggunakan gula merah atau madu, tambahkan ke dalam panci.Masak hingga mendidih: Panaskan campuran tersebut di atas kompor dengan api sedang. Biarkan mendidih sambil sesekali diaduk agar bahan-bahannya tercampur dengan baik.Saring dan sajikan: Setelah mendidih dan bahan-bahannya tercampur dengan baik, matikan api. Saring jamu yang sudah matang untuk memisahkan ampas kunyit dan asam jawa.

Penyajian: Jamu kunyit asam siap disajikan. Bisa diminum hangat atau dingin sesuai selera. Anda juga bisa menyesuaikan rasa dan kekentalan jamu sesuai preferensi pribadi.Catatan:

Variasi: Anda bisa menambahkan bahan lain seperti jahe atau temulawak sesuai selera dan kebutuhan kesehatan.Penyimpanan: Simpan sisa jamu di dalam lemari es dan konsumsi dalam waktu 1-2 hari untuk menjaga kesegarannya.Semoga resep ini membantu! Jamu kunyit asam ini baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.   

 

0 Komentar