Cara Menanam Kunyit di Ramah, Budaya Ekonomi Keratif

Jamu kunyit asam siap disajikan
Jamu kunyit asam siap disajikan
0 Komentar

sumedangekspes, Menanam kunyit di rumah bisa dilakukan dengan mudah, meskipun kunyit umumnya tumbuh lebih baik di daerah yang hangat dan lembap. Berikut ini langkah-langkahnya:

Persiapan dan Penanaman Kunyit:

Pilih Bibit Kunyit: Anda dapat menggunakan potongan rimpang kunyit yang sudah memiliki tunas atau bibit kunyit yang telah dibeli dari toko pertanian. Pastikan bibit kunyit yang dipilih sehat dan bebas dari kerusakan.

Pilih Wadah atau Tempat Penanaman: Kunyit bisa ditanam di pot atau langsung di tanah. Jika ditanam di pot, pastikan pot memiliki lubang drainase agar air tidak tergenang. Jika ditanam langsung di tanah, pastikan tanahnya gembur dan kaya akan bahan organik.

Baca Juga:Manfaat Jamu Bagi Kesehatan TubuhCara Jitu Mengolah Ajmu dari Kunyit

Persiapan Tanah: Tanah untuk kunyit sebaiknya gembur, kaya akan humus, dan memiliki pH netral hingga sedikit asam (pH 5,5-6,5). Anda bisa mencampurkan kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah.Penanaman:

Jika Anda menggunakan rimpang kunyit yang sudah tumbuh tunas, tanamlah rimpang dengan tunas menghadap ke atas.

Tanam rimpang kunyit sekitar 5-10 cm di bawah permukaan tanah. Pastikan jarak tanam antar rimpang kunyit minimal 20 cm agar memiliki ruang untuk tumbuh.

Penyiraman: Kunyit menyukai tanah yang lembab tetapi tidak tergenang air. Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur terutama pada musim kering.

Pencahayaan: Kunyit membutuhkan sinar matahari penuh atau setidaknya cahaya yang cukup terang untuk tumbuh dengan baik.Perawatan:

Berikan pupuk organik secara teratur untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

Jaga kebersihan area sekitar tanaman kunyit dengan membuang gulma secara teratur.Periksa tanaman secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda-tanda hama atau penyakit. Jika ada, segera lakukan tindakan pengendalian yang tepat.

Baca Juga:Siap Wujudkan Generasi Sehat, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Dukung Program Makan Bergizi GratisAnak Usia 3 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Kolam Pemancingan Ikan di Tasikmalaya

Pemanenan: Kunyit dapat dipanen setelah sekitar 8-10 bulan setelah penanaman, atau ketika daun-daunnya mulai mengering. Anda bisa mencabut rimpang kunyit dari tanah dengan hati-hati dan mengumpulkannya untuk digunakan.Tips Tambahan:Jika Anda tinggal di daerah yang cenderung dingin, pertimbangkan untuk menanam kunyit di dalam pot sehingga dapat dipindahkan ke tempat yang lebih hangat saat musim dingin.

0 Komentar