Beberapa Makanan Selain Susu yang Kaya Akan Kalsium

Makanan berkaisum tinggi selain susu
Makanan berkaisum tinggi selain susu
0 Komentar

10. Biskuit: Meskipun terlihat tidak terlalu bergizi, biskuit bisa menjadi sumber kalsium yang baik karena sering diolah dengan campuran susu di dalamnya.

Dengan mengonsumsi berbagai makanan ini, seseorang dapat memastikan bahwa kebutuhan kalsium harian mereka terpenuhi tanpa harus mengandalkan susu sapi.

Berapa Asupan Kalsium yang Dibutuhkan Tubuh?

Sebagai nutrisi penting yang dibutuhkan sejak usia dini hingga dewasa, asupan kalsium memegang peranan vital dalam berbagai fungsi tubuh yang normal setiap hari.

Baca Juga:Catat! Inilah Berbagai Jenis Pemeriksaan Ginjal Bgai KesehatanKamu Ingin Diet Cepat 30 Hari?, Inilah Rekomendasi Menu Andalannya

Kalsium diperlukan untuk mendukung fungsi saraf, kontraksi otot, pembekuan darah yang normal, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Penting juga untuk mencegah risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Karena tubuh tidak memproduksi kalsium secara alami, manusia perlu mendapatkannya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Menurut Dietary Reference Intake (DRIs) yang ditetapkan oleh Food and Nutrition Board (FNB), Institute of Medicine of the National Academies, kebutuhan harian kalsium dapat bervariasi tergantung pada usia:

– 0-6 bulan: 200 miligram– 7-12 bulan: 260 miligram– 1-3 tahun: 700 miligram– 4-8 tahun: 1.000 miligram– 9-18 tahun: 1.300 miligram– 19-50 tahun: 1.000 miligram– 51-70 tahun: 1.000 miligram untuk pria, dan 1.200 miligram untuk wanita– >71 tahun: 1.000 miligram– Ibu hamil dan menyusui: 1.300 miligram

Dengan memastikan asupan kalsium sesuai dengan kebutuhan usia, seseorang dapat menjaga kesehatan tulang dan fungsi tubuh secara optimal.(*)

0 Komentar