Pj Bupati Sumedang Ajak Lestarikan Budaya

Pj Bupati Sumedang Ajak Lestarikan Budaya
Pj Bupati Sumedang Ajak Lestarikan Budaya (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Pj Bupati Sumedang Ajak Lestarikan Budaya.

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli, berharap perayaan Milangkala ke-127 Desa Cijeler menjadi momentum untuk mempelajari adat istiadat leluhur dan merencanakan masa depan yang lebih baik. Saat menghadiri acara Milangkala Desa Cijeler di Kecamatan Situraja pada Kamis (25/7/2024), Yudia menyatakan harapannya agar pembangunan di Desa Cijeler terus berlanjut dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Perayaan ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk merenungkan nilai-nilai luhur warisan nenek moyang kita, sekaligus merencanakan masa depan yang lebih baik bagi desa ini. Saya berharap pembangunan di Desa Cijeler terus berlanjut dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Yudia.

Melalui acara ini, Yudia mengajak seluruh masyarakat untuk merefleksikan nilai-nilai luhur dan berupaya meningkatkan kualitas hidup. Ia mengapresiasi Kepala Desa Cijeler dan seluruh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini dengan menampilkan berbagai atraksi seni budaya. “Ini adalah kewajiban kita semua untuk melestarikan budaya daerah kita guna memperkaya khasanah budaya yang ada,” ujarnya.

Baca Juga:Pj Bupati Informasikan Pembangunan Fisik di Kecamatan CisituPj Bupati Hadiahkan Umroh kepada Pengelola SLB di Cisitu

Yudia menekankan pentingnya melestarikan budaya sebagai bagian dari identitas daerah. “Melestarikan budaya bukan hanya tentang mempertahankan tradisi, tetapi juga memperkaya kehidupan kita sehari-hari. Dengan melestarikan budaya, kita dapat mengenalkan nilai-nilai positif kepada generasi muda dan memperkuat jati diri kita sebagai masyarakat Sumedang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cijeler, Haris Munandar, menyampaikan bahwa tema Milangkala tahun ini adalah ‘Dengan semangat Milangkala ke-127, kita wujudkan swasembada pangan berbasis keimanan dan ketaqwaan’. Tema ini, menurutnya, sejalan dengan visi dan misi Desa Cijeler serta visi dan misi Kabupaten Sumedang. “Tema ini mencerminkan komitmen kita untuk mencapai kemandirian pangan dengan landasan keimanan dan ketaqwaan. Milangkala ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur kita,” katanya.

Haris juga menekankan pentingnya perayaan Milangkala sebagai ajang untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan di antara masyarakat Desa Cijeler. “Perayaan ini adalah momen yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi di antara kita semua. Dengan kebersamaan, kita bisa mencapai banyak hal dan mewujudkan visi dan misi desa ini,” ujarnya.

0 Komentar