Agar Tepat Sasaran BBM Bersubsidi Harus Dikendalikan

ANTRE: Sejumlah pemotor saat mengantre membeli BBM jenis Pertalite di salah satu SPBU, Rabu (31/7).
ANTRE: Sejumlah pemotor saat mengantre membeli BBM jenis Pertalite di salah satu SPBU, Rabu (31/7).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Penjabat Bupati Sumedang Yudia mendukung penuh Pengendalian Program Subsidi BBM Tepat Sasaran berbasis QR Code yang akan dilaksanakan di Sumedang. Hal itu ia sampaikan ketika diminta oleh perwakilan PT Pertamina untuk turut mensosialisasikan program subsidi tepat sasaran Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite.

“Saya mendukung penuh Program Subsidi BBM Tepat Sasaran melalui penerapan pembelian BBM Subsidi Pertalite menggunakan QR Code di SPBU. Program ini dapat melindungi masyarakat yang berhak mendapat produk BBM bersubsidi,” ujar Yudia di hadapan jajaran PT Pertamina Patra Niaga Sales Area Manager (SAM) Retail Bandung yang beraudiensi di Ruang Kerja Bupati Sumedang, Lantai II PPS, baru-baru ini. 

Yudia menyatakan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Pertamina dalam mengawasi pelaksanaan Program Subsidi BBM Tepat Sasaran.

Baca Juga:Toga Hill Sumedang Terus Bangun FasilitasRawan Kebakaran, Pelaku Pembakar Hutan Terancam Pidana

“Kami merasa terbantu dengan adanya Program Subdisi Tepat ini, terutama dalam menjalankan fungsi kami dalam mengawasi agar BBM Subsidi dapat tepat sasaran,” ucapnya.

Dijelaskan Yudia, dengan adanya penggunaan data Subsidi yang tepat setidaknya bisa mengatur penyaluran kuota BBM Subsidi kepada masyarakat. Yudia berharap, program tersebut mampu turut meningkatkan pendapatan daerah dengan adanya potensi peningkatan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dari meningkatnya penjualan BBM non subsidi. 

“Selain itu, program ini juga akan membantu Pemda dalam proses pengawasan penyaluran BBM subsidi ke masyarakat,” tutur Yudia.

Sementara itu, Heidy Septiana Nugroho selaku Sales Branch Manager (SBM) Rayon III Bandung wilayah Sumedang mengatakan, Pertamina berupaya melakukan uji coba implementasi kewajiban transaksi pembelian BBM Pertalite menggunakan QR Code khusus untuk kendaraan Roda 4 di kabupaten Sumedang terhitung mulai bulan September 2024.

“Setelah program penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran untuk produk JBT (Jenis BBM Tertentu) Biosolar kepada masyarakat dengan menggunakan Barcode System, maka diperlukan adanya perluasan pelaksanaan program Subsidi Tepat untuk produk JBKP Pertalite,” ujarnya. 

Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang untuk mensosialisasikan Registrasi Program BBM Subsidi di Kabupaten Sumedang. 

0 Komentar